Berita

    Simak Tips Mencegah Mesin Mobil Overheat Usai Libur Lebaran

    Peningkatan pada volume jumlah kendaraan usai libur lebaran seringkali menyebabkan kemacetan parah. Kemacetan yang terjadi dapat mengganggu perjalanan Anda. Selain itu, kemacetan juga menyebabkan mobil overheat atau suhu panas mesin melebihi batas normal.

    Mesin yang mengalami overheat dapat mengganggu perjalanan Anda menuju ke kantor. Pasalnya, mobil akan kehilangan tenaga bahkan mengalami mogok dan mesin akan sulit dinyalakan.

    Sebelum melakukan perjalanan ke kantor, ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada kondisi mobil. Salah satu yang tidak kalah penting adalah mengecek kondisi radiator mobil. Pengecekan tidak hanya dilakukan saat berangkat, namun juga berulang kali ketika beristirahat di tengah perjalanan.

    Tujuannya adalah untuk mengetahui tanda-tanda yang dapat mengganggu perjalanan. Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk mencegah mobil mengalami overheat dengan mengikuti tiga tips berikut. 

    3 Tips Mencegah Mobil Overheat

    Tiga tips dibawah ini adalah cara terhindar dari terjadinya mesin overheat sehingga perjalanan ke kantor Anda lancar dan aman. Simak dan terapkan tips di bawah ini!

            1. Periksa Air Radiator

    Mesin yang terus menyala dapat menyebabkan air radiator panas dan berisiko menguap. Risiko mobil overheat akan meningkat jika AC juga nyala terus menerus. 

    Tenang saja, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

    • Mengontrol air radiator

    Pastikan air radiator berada pada garis maksimal atau normal. Terdapat tanda berupa garis yang menunjukkan batas normal air radiator.

    Jika air radiator berkurang, Anda dapat menambahkannya dengan cairan khusus radiator. Pastikan juga cairan ini Anda bawa saat perjalanan ke kantor sebagai cadangan jika di jalan air radiator mobil Anda sudah berkurang.

    • Mengecek tutup radiator

    Bagian satu ini jarang sekali diperhatikan bagi para pengendara. Apalagi jika Anda hendak pergi, pastikan tutup air radiator tidak berkarat atau terdapat kerak yang menumpuk.

    Jika dibiarkan saja, air pada radiator akan tersumbat oleh kotoran tersebut. Selain itu, radiator juga tidak akan tertutup rapat. Sehingga air radiator akan keluar saat mobil bergerak.

    Demi keselamatan Anda, pastikan terlebih dahulu mesin mobil sudah dalam kondisi dingin saat membuka kap mobil dan tutup radiator. Hindari mengecek radiator pada saat mobil dalam kondisi panas. Hal ini dikarenakan air radiator akan menyembur dan berbahaya untuk keselamatan diri Anda.