Berita

    Fungsi Valve Spring Compressor dan Cara Menggunakannya

    Apakah Anda mengetahui apa itu Valve Spring Compressor? Alat ini merupakan salah satu alat yang penting dalam hal perkakas servis khusus. 

    Alat jenis ini masuk ke dalam jenis perkakas servis khusus yang mana hanya bisa dipakai satu kali saja. Jadi, jangan sampai salah kaprah dalam hal penggunaannya ya.

    Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan mengenai apa fungsinya. Untuk lebih lanjutnya, simaklah penjelasan di bawah ini dengan seksama ya!

    Apa Fungsi Valve Spring Compressor?

    Fungsi valve spring compressor adalah salah satu alat service khusus (Service Special Tools/SST) di mana fungsi utamanya adalah membantu proses menekan spring atau pegas ketika ingin melepaskan atau memasang cotter valve.

    Bagi kalian yang masih belum familier dengan peralatan servis khusus pasti merasa tidak familiar dengan jenis alat ini bukan?

    Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi memasang atau melepas cotter valve dengan tujuan untuk menekan spring atau pegas. Alat jenis ini juga biasa disebut dengan kuku macan, kancingan klep, atau kuku klep.

    Memang alat ini terkenal sangat sulit karena pada saat pengoperasian bisa dikatakan sangat sulit. Baik itu pada saat pelepasan maupun pemasangannya. 

    Ketika pengoperasian, cotter valve harus secara bersamaan dipasang dengan tappet dan spring agar dapat mengunci pergerakan. 

    Alat ini memiliki bentuk yang bermacam-macam. Tidak hanya bentuk, akan tetapi juga memiliki banyak sekali versi yang mana dari berbagai macam variasi ini dapat juga mempengaruhi cara kerjanya. 

    Cara Menggunakannya

    Ada pun tata cara menggunakan alat jenis ini, yaitu sebagai berikut:

    1. Memposisikan terlebih dahulu bagian tangkai yang diam berfungsi agar menahan kedudukan dari valve. Kenapa harus ditahan? Hal ini bertujuan agar valve tidak bergerak-gerak saat spring sedang ditekan dalam waktu yang bersamaan.
    2. Kemudian menyetel bagian tangkai bergerak berfungsi agar posisi alat dapat pas dengan pegas klep. Bagian ini biasanya disetel dengan menggunakan drat dan ulir agar posisi tidak bergerak ke mana-mana.
    3. Kemudian alat dari komponen ini ditekan sehingga pegas dapat ditekan dengan baik.
    4. Ketika spring atau pegas sedang tertekan, secara bersamaan cotter valve akan bebas dan Anda bisa langsung melepas komponen ini dari tappet.

    Ada juga peralatan servis khusus lainnya yang bisa Anda ketahui yaitu ada 

    • Coil Spring Compressor
    • Sliding Hammer
    • Disc Brake Piston Tool
    • Clutch Central Aligning Tool
    • Bearing Puller Attachment
    • Bearing Cup Puller
    • Universal Puller
    • Oil Seal Puller
    • Tied Rod Remover 
    • Obeng ketok
    • Tied Rod Remover 
    • Ball Joint Separator

    Demikian penjelasan panjang lebar mengenai apa itu Valve Spring Compressor beserta fungsi yang ada di dalamnya. 

    Alat jenis ini memang biasa digunakan di bengkel-bengkel untuk kendaraan beroda empat seperti mobil terutama dalam pekerjaan bongkar pasang klep mesin.

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa alat ini masuk dalam kategori alat servis khusus atau service special tools. Jadi Anda harus menggunakannya dengan hati-hati karena sifat penggunaannya hanya satu kali.

    Semoga artikel ini dapat menjadi sumber yang bermanfaat. Selamat membaca dan jangan lupa jika mobil Anda mengalami kerusakan segeralah bawa ke bengkel resmi Suzuki ya untuk melakukan perawatan mobil Suzuki anda. Anda cukup mengunjungi website resmi nya di 

    https://www.suzukiarmada.co.id/

     lalu pilih halaman service untuk menjadwalkan booking service anda!