Berita

    Kenali Penyebab Air Wiper Mobil Tidak Keluar

    Anda mungkin beranggapan bahwa air wiper mobil tidak keluar hanya karena kehabisan air. Ternyata tidak hanya itu, ada banyak faktor yang membuat air wiper tidak mau keluar. 

    Mulai dari selang yang terlepas, tersumbat kotoran, atau ada masalah di bagian kelistrikan. Berikut ulasannya. 

    Ini yang Membuat Air Wiper Mobil Tidak Keluar

    Permasalahan yang ada pada air wiper yang tidak mau keluar bukan hanya karena volume air pada tangki yang habis, melainkan masih ada beberapa penyebab lainnya. Beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab tidak keluarnya air wiper.  

            1. Selang Air Bermasalah

    Penyebab pertama yang membuat air wiper tidak keluar adalah bagian selang yang tidak terpasang dengan sempurna, selangnya terlalu longgar, atau bahkan terlepas. 

    Selain itu, bisa juga dikarenakan selang tersebut bocor atau tidak dirawat dengan baik sehingga kotor. Semua permasalahan tersebut bisa berdampak pada kelancaran air wiper sehingga tidak mau keluar ketika tuas ditekan dari dalam mobil. 

    Untuk mengatasi selang yang bermasalah ini, bisa dengan cara memasangnya kembali ke posisi semula, membersihkan bagian yang kotor, atau menggantinya dengan selang yang baru.  

            2. Bagian Ujung Washer Kotor

    Penyebab yang kedua adalah menumpuknya kotoran yang di bagian ujung washer. Cara mengatasi hal ini adalah dengan menusukkan jarum atau benda kecil yang bagian atasnya runcing ke bagian ujung washer yang tersumbat kotoran. 

    Jika ujung washer telah dibersihkan namun air wiper tetap tidak mau keluar. Maka, bawalah mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

    Mulai dari tangki, selang, hingga motornya, semua dicek dan dibersihkan agar berfungsi kembali secara normal. 

            3. Motor Air Wiper Rusak

    Penyebab air wiper mobil tidak keluar juga bisa dikarenakan adanya kerusakan di bagian motor wiper. 

    Indikasi kerusakan pada bagian ini bisa dilakukan dengan cara mendengar suara dengungan dari motor ketika tuas wiper untuk mengeluarkan air di tekan. 

    Jika tidak terdengar suara dengungan, sebaiknya segera ke bengkel terdekat untuk dilakukan servis agar motor air wiper bisa difungsikan kembali seperti semula. 

            4. Kelistrikan Bermasalah

    Selain permasalahan teknik, air wiper yang tidak keluar juga bisa dikarenakan adanya gangguan kelistrikan. Hal tersebut membuat motor air wiper tidak bisa memompa cairan dari dalam tangki khusus wiper.