Berita

    Mengenal Engine Flush Mobil? Fungsi dan Manfaatnya

    Agar mobil selalu dalam kondisi terawat, maka Anda perlu rutin membawanya ke bengkel untuk diperiksa. Salah satu proses yang umumnya dilakukan saat perawatan mobil rutin, yaitu engine flush.

    Memiliki tujuan untuk menjaga mesin agar performanya tetap prima, flushing mesin ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

    Untuk itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian, manfaat, cara melakukan, hingga dampak apa saja yang bisa disebabkan dari melakukan flushing mesin ini.

    Selengkapnya terkait penjelasan topik-topik di atas akan dibahas pada poin-poin di bawah ini.

    Pengertian Engine Flush

    Freepik

    Merupakan proses yang memiliki tujuan untuk membersihkan mesin bagian dalam dengan cairan khusus supaya kotoran-kotoran yang mengerak jadi berkurang atau bahkan hilang.

    Biasanya, proses pembersihan mesin ini dilakukan berbarengan dengan proses pergantian oli kendaraan.

    Meskipun demikian, proses pembersihan mesin ini tidak perlu dilakukan sesering penggantian oli. Anda dapat melakukan proses flushing mesin ini setidaknya setiap 20.000 kilometer sekali.

    Manfaat dan Fungsi Flushing Mesin

    Setelah memahami makna dari proses flushing mesin, pada poin ini akan dijelaskan terkait manfaat dan juga fungsi dari proses pembersihan mesin mobil tersebut.

    Dengan cara kerja yang bertujuan untuk membersihkan mesin mobil, maka manfaat dari dilakukannya proses ini, yaitu untuk menghilangkan kotoran yang sebelumnya mengendap pada mesin dengan harapan dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih meningkat.

    Untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mesin kendaraan tersebut, biasanya diperlukan cairan pelumas khusus dalam prosesnya.

    Selain bermanfaat, proses pembersihan mesin dengan cairan khusus ini juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi dari melakukan proses flushing mesin ini antara lain, yaitu sebagai berikut.

    • Membuat Suara Mesin Lebih Halus

    Dengan melakukan flushing mesin, proses ini dapat berfungsi untuk membuat suara kendaraan menjadi lebih halus.

    • Memperpanjang Usia Mesin

    Tidak hanya bisa membuat suara mesin menjadi lebih halus, nyatanya flushing mesin juga bisa berfungsi untuk memperpanjang usia pakai mesin.