Berita

    Pentingnya Mengenal Bagian-bagian Interior Mobil dan Fungsinya

    Sebelum belajar untuk mengendarai mobil, penting bagi Anda untuk untuk mengenal bagian-bagian interior mobil terlebih dahulu. Dengan mengetahui bagian-bagian di dalam mobil, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengoperasikan kendaraan beroda empat ini.

    Untuk itu, artikel ini akan mencoba membahas mengenai komponen-komponen interior pada mobil beserta fungsinya. Pembahasan lengkapnya terkait masing-masing bagian interior pada mobil akan dijelaskan pada poin di bawah ini.

    Bagian-bagian Interior Mobil Beserta Fungsinya

    Masing-masing interior pada mobil memiliki fungsinya tersendiri yang membuat mobil dapat berfungsi dengan maksimal. Apa saja interior yang ada pada mobil dan seperti apa fungsi dari tiap-tiap komponen tersebut? Simak penjelasan lengkapnya pada poin-poin berikut.

    • Dashboard

    Komponen pertama yang perlu Anda ketahui ketika membahas tentang interior yang ada pada mobil, yaitu bagian dashboard. Dashboard merupakan interior yang terdapat di bagian depan kabin mobil.

    Fungsi utama dari komponen dashboard ini, yaitu sebagai tempat dari panel-panel indikator mobil mulai dari kunci kontak, speedometer, lampu dashboard, hingga laci dashboard yang masing-masing tentunya memiliki kegunaannya sendiri.

    • Setir

    Selain dashboard, interior berikutnya yang juga ada di dalam sebuah mobil, yaitu setir. Sesuai namanya, komponen setir ini memiliki fungsi untuk menyetir alias mengemudikan mobil itu sendiri.

    Untuk mengetahui setir kemudi pada mobil Anda bekerja dengan baik, salah satu cara untuk memeriksanya yaitu dengan cara memastikan bahwa setir kemudi pada mobil Anda sesuai dengan gerak ban.

    • Kursi

    Interior lain yang juga ada pada mobil, yaitu kursi. Dengan memiliki kursi mobil yang nyaman, maka hal ini akan membuat Anda merasakan kenyamanan pula selama di perjalanan.

    Selain perlu memperhatikan kualitas dari kursi mobil, Anda juga perlu memeriksa fungsi dari tiap-tiap komponen lain yang ada di sekitar kursi mulai dari setelan kursi, sandaran, dan juga sabuk pengaman.

    • Sistem Audio

    Bagian interior pada mobil yang juga perlu Anda perhatikan fungsinya, yaitu sistem audio mobil. Sistem audio ini memiliki fungsi untuk mengolah suara saat Anda menyalakan hiburan seperti radio atau musik.

    • Karpet Mobil