Berita

    Kenali Keunggulan Mobil Penggerak 4WD

    Apakah Anda ingin memiliki mobil yang benar-benar tangguh? Bila demikian, mobil penggerak 4WD dapat dijadikan sebagai pilihan. Mobil 4WD ini dilengkapi dengan sejumlah sistem penggerak di setiap roda, sehingga dapat melewati berbagai macam medan perjalanan yang begitu berat. 

    Dengan kemampuan yang dimilikinya ini, mobil ini disebut sebagai mobil yang bisa melewati berbagai medan jalan. Agar mempunyai gambaran jelas mengenai keunggulan mobil ini, berikut informasi selengkapnya. 

    Pengertian Mobil Penggerak 4WD

    Sebenarnya, mobil 4WD atau Wheels Drive adalah kendaraan roda 4 yang mempunyai sistem penggerak di setiap rodanya. Mobil ini sengaja dirancang agar dapat melewati berbagai macam medan perjalanan yang berat. 

    Dengan sistem penggerak yang dimilikinya, kendaraan ini juga sering disebut sebagai mobil tangguh. Hal ini disebabkan karena setiap roda mobil memperoleh distribusi tenaga yang sama, sehingga traksi yang dihasilkan akan lebih besar dibandingkan dengan penggerak 2WD. 

    Untuk sistem penggerak 4WD, tenaga akan disalurkan di empat roda sekaligus. Namun, Anda hanya dapat mengatur aliran tenaganya di dua roda saja, baik di bagian depan atau di bagian belakang. Selain itu pengaturan ini juga bisa disesuaikan dengan medan perjalanan yang nantinya dilalui. 

    Keunggulan Mobil Penggerak 4WD

    Salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh mobil 4WD ini ialah, mesin mobil bisa mendistribusikan tenaga dengan jumlah lebih besar di setiap roda, utamanya ketika melewati medan terjal. Bahkan, kemungkinan mobil ini terkena ban selip juga sangat kecil. 

    Anda dapat mengatur aliran tenaga di setiap roda. Semakin tertarik memiliki mobil 4WD? Berikut sejumlah keunggulan yang harus Anda ketahui, antara lain:

            1. Tangguh Saat Harus Melewati Berbagai Macam Permukaan Jalan

    Performa dari mesin mobil yang dilengkapi dengan mobil 4WD membuatnya dapat melewati berbagai macam permukaan jalan seperti jalan bebatuan sampai jalan berlumpur. 

    Ketika melewati medan tersebut, Anda dapat mengatur sistem 4WD ke 2WD agar dapat menyesuaikan medan yang akan dilewati. Contohnya, Anda menerapkan low gear agar memberi kecepatan rendah, tetapi dapat menghasilkan torsi dalam jumlah lebih besar. 

    Pengaturan low gear ini sangat cocok digunakan ketika Anda harus melewati medan berat contohnya daerah yang penuh lumpur dan bebatuan. Kemudian, pengaturan high gear ini bisa diterapkan ketika melewati jalanan yang basah dan licin.