Berita

    Tips Menjaga Kualitas Kaca Mobil

    Kaca pelindung mobil adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi visibilitas pengemudi saat sedang berkendara, serta membantu melindungi penumpang di dalamnya. Oleh karena itu, kualitas kaca mobil harus selalu dijaga agar tetap bersih dan bebas goresan.

    Jika kaca pelindung mobil tergores, kotor, atau berjamur, maka dapat meningkatkan resiko kecelakaan akibat pandangan pengemudi ke jalan raya menjadi terganggu. Karena itu, ketahui apa saja tips merawat kaca pelindung mobil agar kualitasnya tetap terjaga.

    Tips Jaga Kualitas Kaca Mobil agar Tetap Bersih Terawat

    Untuk menjaga kualitas kaca pelindung mobil, baik itu kaca depan, belakang, maupun kaca pintu penumpang, Anda bisa mengikuti beberapa tips penting berikut ini:

    • Bersihkan Secara Teratur

    Kotoran seperti debu, kotoran jalan, dan residu hujan dapat menempel pada kaca dan mengganggu visibilitas saat berkendara. Untuk membersihkannya, pastikan Anda menggunakan sabun mobil yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras.

    Jadi, hindari penggunaan deterjen rumah tangga atau bahan kimia abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung kaca. Selain itu, gunakan air bersih untuk membilas setelah mencuci dan pastikan kacanya sudah benar-benar kering sebelum digunakan.

    • Gunakan Kain Lap yang Halus dan Lembut untuk Membersihkan
    Freepik - Teksomolika

    Saat sedang membersihkan kaca, pastikan untuk selalu menggunakan kain lap khusus yang permukaannya halus dan lembut. Sebaiknya, gunakan kain mikrofiber atau kain flanel yang memiliki serat halus dan tidak akan menyebabkan goresan.

    Tambahan tips menjaga kualitas kaca mobil, hindari menggunakan kain yang kasar, seperti handuk atau sikat, karena dapat merusak permukaan kaca. Selain itu, pastikan kain lap dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran yang dapat menggores kaca.

    • Gunakan Kaca Film untuk Menghindari Goresan

    Tips selanjutnya, Anda bisa memasang kaca film sebagai pelindung tambahan untuk menghindari goresan akibat kontak langsung dengan benda tajam atau benda lainnya. Sebaiknya, pilihlah kaca film berkualitas yang tahan cuaca dan sinar UV.

    Selain itu, pastikan agar pemasangan kaca film dilakukan oleh ahli berpengalaman agar hasilnya rapi dan tidak merusak permukaan kaca. Sebab, terkadang ada kaca film yang setelah dipasang dan dilepas kembali justru merusak kualitas kaca mobil.

    • Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung