Berita

    Terungkap, Inilah Penyebab Harga Mobil Bekas Anjlok di Pasaran

    Lain halnya dengan investasi rumah, tanah maupun emas yang semakin lama dimiliki maka harganya akan semakin melambung, memiliki sebuah mobil justru sebaliknya. Tidak dapat dipungkiri, harga untuk penjualan mobil bekas di setiap tahunnya memang kerap selalu mengalami penurunan, bahkan bisa menurun secara drastis. 

    Mobil merupakan sebuah benda bergerak yang jika digunakan dengan intensitas yang tinggi tentu akan membuat kualitasnya juga semakin berkurang. Terutama untuk mobil dengan produksi massal yang biasa beredar di jalan. 

    Lalu, apa saja yang menjadi penyebab harga jual dari mobil yang kita miliki menjadi anjlok di pasaran?

    Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab turunnya harga mobil bekas:

    1.  Kondisi Fisik Mobil

    Kondisi fisik sebuah mobil menjadi hal pertama yang akan selalu diperhatikan. Jika kondisi mobil masih mulus, tanpa baret dan cacat tentu akan membuat si calon pembeli akan tertarik dan jatuh cinta pada pandangan pertama, begitu pula sebaliknya. Jika mobilmu memiliki baret dan goresan, maka kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu atau melakukan body repair, karena konsumen pasti akan melihat seluk beluk kondisi fisik mobil. Perlu dicatat, mobil bekas yang pernah mengalami kecelakaan dan terkena banjir biasanya menjadi yang paling dihindari oleh calon pembeli lho!

    2. Jarak dan Lama Penggunaan

    Biasanya, semakin besar nilai jarak tempuh sebuah kendaraan maka akan mempengaruhi berbagai komponen mobil. Apalagi jika setiap komponennya tidak pernah dirawat, tentu hal ini akan membuat mobil menjadi tidak prima. Jarak mobil yang sudah besar dan lamanya komponen mobil akan menjadi pertimbangan utama bagi calon pembeli mobil bekas. Jadi jika hal ini tidak dirawat, maka akan menyebabkan harga mobilmu menurun dan bukan tidak mungkin malah membuatnya menjadi tidak laku di pasaran.

    3. Kelengkapan Dokumen

    Kelengkapan dokumen mobil seperti BPKB, STNK, buku servis dan surat-surat lainnya menjadi dokumen penting yang sangat mempengaruhi harga jual dari suatu mobil. Jika dokumen-dokumen tersebut tidak lengkap, apalagi BPKB atau STNK, tentu hal ini akan menyebabkan harga jual mobil bekas menjadi lebih rendah. Bahkan, si calon pembeli pun akan enggan membeli sebuah mobil yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap karena takut jika mobil tersebut ternyata terlibat masalah. Jadi, pastikan kamu telah menyiapkan segala kelengkapan dokumen dan surat-surat mobil seperti STNK hingga BPKP, agar calon pembeli pun percaya dengan legalitas mobil tersebut!