Berita

    Waspada, Kenali Ciri Mobil Boros Bensin

    Biasanya, mobil keluaran baru lebih irit sebab dirancang dengan menggunakan teknologi yang mengedepankan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas. Namun, seiring usia mobil, konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan emisi gas semakin tinggi.

    Sangat mudah mengenali ciri mobil boros bensin. Anda juga bisa merasakan ada yang tidak baik saat mengemudikannya.

    Ketahui Ciri-Ciri Mobil Boros Bensin

    Jika mobil Anda sudah cukup uzur, salah satu masalahnya adalah semakin tingginya konsumsi bensin setiap kali digunakan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.  

            1. Suara Mesin Menjadi Berisik

    Mobil yang sering diservis akan terdengar halus. Tapi, meskipun begitu terkadang suara mesin mobil terdengar kasar dan berisik. Hal ini adalah ciri bahwa mesin mobil mengalami masalah. 

    Masalah seperti bunyi mesin mobil yang kasar bisa menjadi penyebab konsumsi bensin menjadi boros sehingga berdampak pada performa mobil yang tidak sebagus biasanya. 

    Bunyi berisik pada mesin mobil bisa jadi diakibatkan klep tangki bensin yang longgar atau terlalu ketat.

            2. Pedal Gas Keras

    Ada atau tidaknya masalah dalam mobil bisa dirasakan dari seberapa keras pedal diinjak. Saat pedal gas terasa keras, bisa jadi ada masalah yang terjadi pada mesin mobil. 

    Ini disebabkan karena filter udara pedal gas tersumbat debu atau kotoran. Saat pedal gas diinjak butuh usaha keras agar mobil bergerak dengan lancar. Pedal gas yang keras membuat bensin cepat habis.

            3. Asap Knalpot Hitam

    Ciri mobil boros bensin lainnya adalah asap knalpot yang berwarna hitam. Ini adalah pertanda karburator mobil mengalami masalah. Pada umumnya, kasus ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pipa kecil yang mengalirkan bensin. 

    Apabila dibiarkan terus, komponen mobil lain akan rusak dan konsumsi bensin menjadi tidak efisien.

            4. Bahan Bakar Beraroma Menyengat

    Bahan bakar yang beraroma menyengat adalah salah satu indikasi adanya kebocoran tangki bensin. Hal ini membuat bahan bakar menjadi jauh lebih cepat habis atau boros. Itulah sebabnya periksa secara berkala sebelum mengemudikan mobil untuk melindungi mobil dan menghemat budget bahan bakar.

            5. Tarikan Mobil Terasa Berat

    Mobil baru akan terasa kuat tarikannya ketika dikemudikan. Tarikan mobil akan terasa lebih berat saat mobil memasuki usia tua dan tenaganya berkurang. saat tarikan mobil terasa berat, mobil harus bekerja ekstra untuk berjalan.