Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi Bunyi Berdecit pada Mobil

    Saat melewati jalan yang tergenang air lalu terdengar suara mendecit pada mobil itu merupakan hal yang wajar. Namun jika mobil berdecit tersebut muncul saat berkendara di jalanan yang kering, hal ini perlu tidak boleh dianggap remeh. 

    Selain suaranya yang bising mengganggu kenyamanan dalam berkendara, jika dibiarkan akan mempengaruhi kinerja komponen lain pada mobil. Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan timbulnya bunyi berdecit tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya!

    Penyebab Munculnya Bunyi Mobil Berdecit 

    Timbulnya bunyi yang berdecit tersebut berasal dari fan belt yang aus, getas, atau rusak. Umumnya, fan belt rusak bisa terjadi dikarenakan faktor usia pemakaian kendaraan. Beberapa hal yang membuat fan belt mengeluarkan bunyi berdecit diantaranya adalah: 

    1. Belt Dressing

    Penyebab pertama munculnya suara berdecit pada mobil adalah adanya gejala belt dressing. Merupakan indikasi keringnya komponen pulley akibat tergerus oleh beragam kotoran yang menempel pada fan belt. 

    Kondisi tersebut membuat kinerja perputaran pulley menjadi tidak berjalan dengan baik. Biasanya belt dressing ini terjadi pada mobil keluaran terdahulu yang mesinnya menggunakan sistem mekanis. 

    Sedangkan mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan komponen tensioner dan pre-tensioner yang berfungsi untuk melindungi ketegangan sabuk. 

    2. Fan Belt Kurang Kencang

    Mobil berdecit juga bisa disebabkan oleh berkurangnya kekencangan yang dimiliki oleh fan belt pada saat mobil distarter bersamaan dengan menyalakan AC.  Saat ini terjadi, fan belt akan menerima beban yang berlebih sedangkan tegangan pada sabuk kurang kencang sehingga muncul suara berdecit tersebut. 

    3. Kualitas Sabuk

    Selain kurang kencang, kualitas dari sabut atau tali kipas juga bisa membuat timbulnya suara berdecit. Umumnya, ini terjadi ketika Anda mengganti sabuk yang bukan produk original dan tidak sesuai spesifikasi. 

    4. Laher Aus

    Penyebab yang keempat adalah bearing atau laher yang aus karena berkurangnya pelumasan (grease) sehingga di beberapa bagian menjadi berkarat.  

    Cara Mengatasi Bunyi Berdecit pada Mobil