Berita

    Tips Membersihkan Mesin Mobil agar Tetap Aman Berkendara

    Ruang mesin mobil sebaiknya memang diperiksa secara rutin. Saat pemeriksaan tersebut, Anda bisa melihat kondisi mesin termasuk kebersihannya. Jika kondisi mesin sudah kotor maka Anda harus membersihkannya segera. 

    Meskipun mesin ada di posisi yang tersembunyi dan tertutup namun bisa saja terpapar oleh debu maupun kotoran. Jika dibiarkan begitu saja maka kondisi ini bisa berpengaruh pada performa mesin Anda. 

    Cara Membersihkan Mesin Mobil

    Proses membersihkan mesin pada mobil Anda sebenarnya tidak sulit. Berikut ini beberapa cara membersihkan mesin yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa dan kualitasnya:

    • Bersihkan di Tempat Teduh

    Pastikan Anda menempatkan mobil di tempat yang teduh sebelum memulai proses pembersihan. Tempat yang paling ideal untuk membersihkan bagian mesin adalah garasi mobil. 

    Jika Anda tidak memiliki garasi atau mungkin garasi terlalu gelap dan sempit maka Anda bisa memilih tempat lain. Asalkan tempat yang Anda pilih teduh dan terhindar dari sinar matahari. 

    Paparan sinar matahari bisa merusak beberapa bagian pada mesin. Ada beberapa bagian mesin yang terbuat dari karet dan plastik. Bagian-bagian tersebut sangat rapuh jika terkena air lalu terpapar sinar matahari. 

    • Pastikan Mesin dalam Kondisi Dingin

    Anda juga harus memastikan mesin dalam kondisi mati dan dingin. Hindari membersihkan mesin setelah mobil baru saja dipakai untuk berkendara. Paling tidak tunggu 30-45 menit sampai mesin betul dingin. 

    Proses pembersihan bisa berjalan lebih mudah jika mesin mobil Anda dalam kondisi dingin. Sebaliknya, saat mesin dalam kondisi panas maka ada sisa arus listrik yang tersisa dan kondisi ini bisa berbahaya bagi Anda. 

    • Hati-Hati dengan Bagian Berlistrik

    Dalam proses pembersihan ini Anda akan mencuci bagian mesin, jadi pastikan untuk berhati-hati dengan bagian yang berlistrik. Lebih baik bungkus atau lepas terlebih dahulu bagian yang berlistrik seperti aki. 

    Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya korsleting saat proses pembersihan. Selain itu langkah ini juga penting untuk dilakukan demi menjaga Anda tidak tersetrum aliran listrik. 

    • Mulai Bersihkan Debu dan Kotoran

    Selanjutnya silakan mulai membersihkan debu dan kotoran yang menempel di mesin. Tentunya Anda perlu mempersiapkan perlengkapan terlebih dahulu. Mulai dari air, ember, sikat, kuas, spons bersih, sabun, dan lain sebagainya. 

    Bersihkan terlebih dahulu debu dan kotoran yang menempel di permukaan mesin. Gunakan sikat atau kuas kecil untuk menyapu debu-debu tersebut, terutama di bagian sela-sela sempit. 

    Selanjutnya Anda bisa membersihkan bagian bawah kap mesin dengan menggunakan sabun atau cairan pembersih khusus. Pastikan semua kotoran dan debu yang tersisa benar-benar hilang sampai bersih. 

     

    mesin mobil

    Pexels.com

    • Lakukan Pengeringan

    Setelah memastikan semuanya bersih, Anda bisa mengeringkan semua komponen mesin. Tahap pengeringan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya karat di bagian-bagian mesin setelah dicuci. 

    Proses pengeringan bisa dilakukan memakai lap microfiber atau lap chamois. Pastikan lapnya dalam kondisi bersih dan benar-benar kering. Pengeringan juga harus dilakukan dengan cermat, jangan sampai ada yang masih basah. 

    • Cobalah Nyalakan Mesin 

    Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menyalakan mesin. Namun pastikan kondisi mesin benar-benar sudah bersih dan kering sebelum Anda mulai menyalakannya. 

    Proses ini dilakukan untuk menghangatkan bagian-bagian mesin yang masih lembap setelah dibersihkan. Jangan lupa Anda juga perlu membuka kap mesin sehingga sisa air yang masih ada di sana bisa menguap.