Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi Karet Wiper Mengeras

    Wiper berfungsi untuk membersihkan kaca mobil terutama ketika turun hujan. Namun apa jadinya jika wiper mengeras? Hal ini tentu akan mengganggu fungsi dari wiper itu sendiri.

    Apabila dibiarkan, tentu wiper tidak akan berfungsi secara maksimal dan dapat mengganggu visibilitas pengemudi. Maka dari itu Anda perlu mengetahui penyebab dan memahami cara mengatasi wiper yang mengeras, seperti yang akan dibahas pada artikel berikut ini!

    Penyebab Karet Wiper Mengeras

    Terdapat beberapa hal yang menyebabkan karet wiper dapat mengeras, berikut ini beberapa di antaranya:

    • Stok Lama

    Jika Anda membeli wiper baru namun tak berapa lama ternyata cepat mengeras, hal ini bisa diakibatkan karena wiper yang Anda beli merupakan stok lama. 

    Semakin lama wiper tersimpan, tidak menutup kemungkinan karet akan semakin mengeras seiring berjalannya waktu.

    • Kualitas Karet

    Penyebab lainnya mengapa karet wiper yang mengeras adalah karena material karet yang digunakan tidak berkualitas baik. Wiper dengan karet berkualitas tinggi tentu tidak akan mudah mengeras.

    • Sering Terkena Sinar Matahari 

    Panas matahari yang sangat terik dapat membuat suhu pada kaca akan semakin meningkat. Suhu yang tinggi tersebut tentu dapat mempengaruhi kondisi karet wiper sehingga lebih cepat mengeras. 

    • Kotoran dan Debu

    Membiarkan kotoran dan debu menempel pada wiper dalam jangka waktu yang lama dan tidak dibersihkan secara rutin akan membuat karet wiper teroksidasi dan menjadi lebih mudah rusak.

    kotoran dan debu pada wiperPixabay.com

    Cara Atasi Karet Wiper Mengeras 

    Untuk mengatasi karet wiper yang mengeras, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

    • Air Cuka

    Hal pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan air cuka. Penggunaan air cuka ini dapat melenturkan karet wiper yang mengeras. 

    Hal yang perlu Anda lakukan adalah merendam karet wiper dengan air cuka tanpa ditambahkan air, kemudian gosok dengan perlahan, lakukan berulang hingga karet wiper lentur. 

    • Baby Oil atau Minyak Zaitun

    Untuk membuat karet wiper lentur kembali menggunakan baby oil atau minyak zaitun, caranya yaitu dengan mengoleskannya ke bagian karet. 

    Namun pastikan Anda membersihkannya dari debu dan kotoran terlebih dahulu sebelum mengoleskan baby oil atau minyak zaitun.

    • Lilin

    Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan lilin. Bersihkan terlebih dahulu karet wiper dari debu dan kotoran menggunakan air hangat dan lap hingga kering. 

    Kemudian oleskanlah lilin pada permukaan kare, diamkan beberapa saat. Jika sudah, lap kembali karet hingga bersih. 

    • Amplas

    Cara mengatasi karet wiper yang keras juga bisa dengan menggunakan amplas. Setelah karet wiper dibersihkan dari kotoran, Anda dapat mengamplasnya secara perlahan dan hati-hati untuk meminimalisir karet wiper aus. 

    Perlu diketahui, sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari melakukan pengamplasan terlalu sering karena dapat merusak karet. 

    • Gunakan Jasa Bengkel

    Jika Anda tidak cukup percaya diri memperbaiki karet wiper sendiri, Anda dapat memercayakannya pada bengkel. Bawalah mobil Anda ke bengkel yang memang terpercaya untuk mengatasi masalah karet wiper yang keras. 

    Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi karet wiper yang mengeras. Diharapkan dengan menggunakan cara-cara tersebut, karet wiper mobil Anda dapat lentur dan berfungsi lebih maksimal. 

    Anda juga dapat mempercayakan penanganan wiper mengeras ke tangan yang tepat, profesional, dan terpercaya.  Jadi tunggu apalagi? Buat wiper mobil Anda berfungsi lebih maksimal di tangan yang tepat!