Berita

    Kaca Mobil Retak? Hadapi dengan Langkah Tepat Berikut!

    Mengemudi dengan kaca mobil retak bukan hanya mengurangi penampilan kendaraan Anda, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan. Soalnya, retakan pada kaca dapat mengganggu visibilitas Anda dan mengakibatkan kecelakaan.

    Kaca mobil yang retak juga dapat menjadi masalah hukum, karena standar keselamatan jalan raya di banyak wilayah mengharuskan kaca mobil dalam kondisi baik.

    4 Penyebab Umum Kaca Mobil Retak

    Terdapat 4 hal umum yang menyebabkan munculnya retakan pada kaca mobil, di antaranya:

    • Rendahnya Kualitas Kaca yang Dipakai

    Kaca berkualitas rendah cenderung lebih mudah retak, bahkan dengan satu pukulan saja. Hal ini sering terjadi pada mobil dengan harga yang murah, di mana produsen lebih memilih bahan dengan kualitas lebih rendah untuk menekan biaya. 

    Oleh sebab itu, perhatikan dulu kualitas kaca saat memilih mobil. Kendaraan dengan kaca berkualitas tinggi mungkin memerlukan biaya awal yang lebih besar, tetapi akan lebih tahan lama dan aman dalam jangka panjang.

    • Perubahan Suhu Drastis atau Suhu Terlalu Panas

    Kaca mobil sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Suhu panas ekstrem atau perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menyebabkan kaca menjadi retak.

    Misalnya, jika mobil seharian terpapar panas sinar matahari dan langsung dibawa ke area dengan suhu udara yang sangat dingin, retakan dapat terjadi. Oleh karena itu, parkirkan mobil di tempat yang teduh dan jaga suhu dalam mobil tetap stabil.

    • Benda Keras Jatuh Menimpa Kaca

    Memarkir mobil di bawah pohon atau di area dengan potensi jatuhnya benda keras dapat menyebabkan retakan pada kaca mobil. Benda-benda seperti ranting tajam atau buah yang sudah kering dan mengeras dapat jatuh dan menimpa kaca, menyebabkan retakan.

    • Kaca Retak Karena Kecelakaan

    Tabrakan dari arah samping, depan, atau belakang dapat menyebabkan retakan pada kaca. Dalam beberapa kasus, bahkan tabrakan kecil dapat menyebabkan retakan yang signifikan, tergantung pada sudut dan kecepatan tabrakan.

    Jadi, pastikan Anda selalu mengemudi dengan hati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas untuk mengurangi risiko kecelakaan.

    Freepik.com

    Apa Saja Langkah dalam Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak?

    Ada 4 langkah yang bisa Anda ambil untuk memperbaiki kaca mobil retak, baik retakan ringan hingga parah.

    • Kaca Mobil Dibersihkan dari Kotoran