Berita

    Manfaat Penggunaan Mobil Hybrid dan Perannya untuk Mengurangi Polusi

    Di beberapa tahun terakhir, perhatian masyarakat semakin tertuju pada upaya menjaga lingkungan. Salah satunya yaitu terkait dengan kejadian di beberapa minggu terakhir, khususnya terhadap polusi udara. 

     

    Yang mana, ini juga berhubungan dengan pemilihan transportasi. Salah satu inovasi yang mendapat banyak perhatian adalah mobil hybrid. Kendaraan ini menggabungkan bensin dan listrik untuk menghasilkan tenaga, menawarkan alternatif menarik dibandingkan mobil berbahan bakar bensin tradisional.

     

    Dengan secara signifikan dapat mengurangi emisi berbahaya, jenis mobil ini juga memainkan peran penting dalam mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan transportasi kita sehari-hari. Oleh karena itu, berikut adalah alasan kenapa mobil hybrid menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tetap berkendara tapi tetap menjaga lingkungan. 

     

    Mengenal Mobil Hybrid

    Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan mesin bensin dan motor listrik untuk berjalan secara efisien. Mobil ini menggabungkan keunggulan kedua sumber daya untuk mencapai penghematan bahan bakar dan kinerja yang lebih baik.

     

    Mesin listrik yang ada pada mobil hybrid dapat membantu mobil dalam tugas-tugas seperti akselerasi dan mendaki bukit, sehingga meringankan beban pada mesin. Salah satu keunggulan mobil hybrid yaitu meningkatkan efisiensi mesin bensin selama akselerasi, deselerasi, dan idle. Artinya, mobil ini dapat menghemat penggunaan mesin dan lebih efisien dibandingkan mobil tradisional.

     

    Keunggulan Mobil Hybrid

    1. Pengurangan Emisi

    Mobil hybrid adalah yang terdepan dalam hal pengurangan emisi. Dengan memadukan bensin dan listrik, mobil jenis ini dapat menghasilkan lebih sedikit polutan berbahaya ke udara dibandingkan dengan mobil berbahan bakar tradisional. 

     

    Walaupun beberapa orang beranggapan, bahwa mobil dengan mesin hybrid memiliki harga yang mahal, tetapi nyatanya tidak. Suzuki kini telah menghadirkan beberapa mobil hybrid dengan harga yang terjangkau, seperti New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Sehingga Anda tetap berkendara dengan perasaan yang aman dan nyaman. 

     

    2. Efisiensi Bahan Bakar Lebih Besar

    Karena mobil hybrid tidak hanya mengandalkan mesin bensin, bahan bakar yang digunakan lebih sedikit. Ini tentunya dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih besar. Artinya, Anda akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama, sehingga menghasilkan lebih sedikit polusi. Selain itu,  hal ini tidak hanya menghemat uang Anda, tetapi juga mengurangi jejak karbon. Ini sama-sama menguntungkan bagi dompet Anda dan lingkungan.

     

    3. Peningkatan Kualitas Udara

    Emisi dari kendaraan melepaskan partikel-partikel jahat ke udara, yang merupakan masalah dan salah satu penyebab kesehatan. Mobil hybrid dengan dorongan listriknya, mengeluarkan lebih sedikit partikel berbahaya. Hal ini dapat mengurangi penyebab polusi, khususnya di kota-kota besar yang minim tanaman hijau. 

     

    4. Menurunnya Ketergantungan pada Bahan Bakar Tradisional (Fosil)

    Ketergantungan kita pada bahan bakar fosil telah berdampak buruk pada lingkungan. Kendaraan hybrid menawarkan jalan keluar bertahap dari ketergantungan yang tidak berkelanjutan ini. Dengan beralih ke listrik, yang dihasilkan dari sumber terbarukan seperti tenaga angin dan surya, Anda mengambil peran dalam mengurangi tekanan terhadap planet kita. 

     

    5. Fitur Pengereman Regeneratif

    Mobil hybrid menggunakan pengereman regeneratif, yang menangkap energi yang biasanya hilang selama pengereman dan menggunakannya untuk mengisi ulang baterai. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. 

    6. Mengurangi Polusi Kebisingan

    Mobil hybrid cenderung berjalan lebih senyap dibandingkan kendaraan bertenaga bensin, sehingga membantu mengurangi polusi suara. Ramainya kendara dan hiruk-pikuk kondisi di jalan dapat dikurangi dengan suara yang lebih pelan dan pada akhirnya meningkatkan kenyamanan Anda di jalan. 

     

    Itulah beberapa penjelasan mengenai peranan mobil hybrid terhadap upaya menjaga udara dan lingkungan. Jika Anda tertarik untuk memiliki mobil hybrid, bisa langsung saja ke suzukiarmada.co.id