Berita

    Featured Image

    Velg Racing vs Velg OEM: Kelebihan dan Kekurangannya

    Velg mobil merupakan lingkaran luar roda yang terbuat dari material logam. Bukan hanya sekadar aksesori, velg memiliki peran penting untuk mendukung performa mobil Anda. Ukurannya harus disesuaikan dengan tipe mobil dan ban yang digunakan

    Selain ukuran, velg juga memiliki banyak tipe. Ada dua jenis velg yang sering digunakan, yaitu velg racing dan velg OEM. Mari cari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing velg tersebut sebagai perbandingan.

    Kelebihan dan Kekurangan Velg Mobil Tipe Racing

    Pemilihan velg untuk mobil ternyata tidak bisa dilakukan asal-asalan. Penting sekali untuk memastikan bahwa velg yang digunakan memang sudah sesuai dengan tipe dan ukuran ban. 

    Salah satu jenis velg yang umum dipakai adalah velg racing. Berikut adalah beberapa kelebihan dari velg racing.

    • Punya Tampilan Mewah

    Velg yang satu ini memiliki tampilan mewah dan cukup mencolok. Jika ingin memberi tampilan lebih menyala pada kendaraan Anda, maka jenis velg ini akan menjadi sebuah pilihan tepat. 

    • Kuat dan Minim Getaran

    Kelebihan lainnya adalah punya kekuatan yang bagus dan sangat minim getaran. Velg ini terbuat dari material yang sangat kuat dan bisa menjaga kendaraan melaju dengan stabil.

    • Akselerasi Bagus

    Tipe velg mobil ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka berkendara dengan kecepatan tinggi. Velg racing akan menghasilkan akselerasi yang sangat baik. 

    • Perawatan Mudah

    Dari segi perawatan, velg tipe racing jauh lebih mudah untuk dirawat. Proses pembersihannya sangat mudah dan bisa dicat sesuai selera. Modifikasinya juga lebih praktis sehingga bisa menyesuaikan keinginan pribadi.

    Lalu seperti apa kelemahan dari jenis velg yang satu ini? Velg racing umumnya dibanderol dengan harga yang mahal. Jadi, Anda butuh bujet lebih besar jika ingin melakukan modifikasi mobil memakai tipe velg ini.

    Kelebihan dan Kelemahan Velg OEM

    Lalu, bagaimana dengan velg mobil OEM? OEM itu sendiri merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Ini merupakan velg aftermarket yang bisa Anda temui dengan mudah di pasaran. Berikut beberapa kelebihan dari velg OEM.

    • Harga Terjangkau

    Ada satu kelebihan dari tipe velg ini, yaitu dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Harganya sangat bervariasi tergantung model dan jenis velgnya. Anda bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan harus membeli velg baru.

    • Mobil Lebih Stabil

    Jika Anda bisa mendapatkan velg yang bagus dengan ukuran yang tepat, maka kondisi mobil akan jadi lebih bagus. Tidak hanya dari segi tampilan, namun stabilitas mobil juga pasti lebih baik.

    • Meningkatkan Traksi Ban

    Saat Anda memakai velg OEM dengan ukuran lebih lebar dan besar, maka traksi ban jadi lebih baik. Velg seperti ini juga dapat memperpendek jarak pengereman kendaraan Anda.

    Hanya saja, ada beberapa kekurangan atau kelemahan dari velg ini. Berikut adalah beberapa poin yang menjadi kelemahannya.

    • Tidak Mendukung Kenyamanan

    Jika salah pilih tipe dan ukuran velg, maka kenyamanan berkendara jadi berkurang. Mobil bisa saja berubah lebih rendah dan membuat pengalaman berkendara jadi kurang menyenangkan.

    • Efisiensi BBM Berkurang

    Kondisi ini bisa terjadi jika Anda memakai velg yang ukurannya sangat besar. Mesin jadi harus bekerja ekstra membuat roda berputar dan hal ini bisa menurunkan efisiensi pemakaian BBM.