Priming Pump Mobil : Fungsi Komponen dan Cara Kerja
Salah satu keunggulan mobil berbahan bakar diesel dibandingkan dengan mobil berbahan bakar lain yaitu jauh lebih hemat bahan bakar. Hal tersebut dikarenakan mobil yang memakai bahan bakar diesel memiliki komponen penting bernama priming pump mobil.
Lalu, apa itu pompa priming? Berikut ulasannya.
Mengenal Pompa Priming
Priming pump atau pompa priming merupakan komponen penyedia atau penyuplai bahan bakar dalam mesin. Komponen ini akan memompa bahan bakar menuju bagian mesin mobil yang membutuhkan.
Ada dua jenis pompa yang kerap digunakan pada mobil diantaranya yaitu pompa tipe in line dan pompa tipe distributor. Pompa ini juga memiliki nama lain yaitu fuel supply, feed pump dan priming pump.
Fungsi Priming Pump Mobil
Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi utama dari pompa priming ini adalah untuk mengambil bahan bakar untuk kemudian disalurkan pada semua komponen mobil yang membutuhkan solar.
Namun tak hanya itu, pompa ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti membuang udara yang tidak diperlukan dalam ruang bahan bakar mesin sehingga kegiatan penyaluran bahan bakar tidak terganggu.
Selain itu, pompa ini juga memiliki fungsi lain seperti mengambil solar dari tangki, mengalirkan solar pada pompa injeksi dan menyaring solar sebelum disalurkan ke bagian mesin lain.
Fuel pump ini memiliki fungsi yang sangat penting, jika komponen ini sampai rusak atau terganggu bisa menyebabkan mobil menjadi macet atau mati.
Komponen Priming Pump
Berikut komponen priming pump yang perlu Anda ketahui:
1. Piston
Piston pompa priming adalah komponen utama yang berfungsi untuk memompa bahan bakar. Jenis piston ini bahkan bisa memompa material yang susah untuk dipompa sehingga bahan bakar bisa tersalurkan dengan efisien.
Ketika piston ini ditekan maka udara akan masuk dan membuka tangki penyimpanan solar. Berikutnya piston akan menyedot solar untuk dilanjutkan ke filter solar.
2. Filter
Pada fuel pump terdapat filter solar yang memiliki fungsi untuk menyaring bahan bakar sehingga bahan bakar yang akan disalurkan dalam keadaan bersih. Kotoran pada bahan bakar jika sampai menumpuk bisa menyebabkan mesin berkarat.
Komponen mesin yang berkarat bisa berakibat fatal bagi mesin.
3. Check dan Inlet Valve
Berikutnya ada check valve yang menjadi tempat masuknya dan keluarnya cairan bahan bakar. Check valve ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau bahan metal dan memiliki harga yang relatif terjangkau.
Selain check valve, terdapat pula inlet valve yang berfungsi sebagai katup masuk sehingga bahan bakar bisa masuk ke dalam silinder. Bahan bakar yang masuk ke silinder akan ikut dalam proses pembakaran dan diubah menjadi energi.
Cara Kerja Priming Pump Mobil
Cara kerja pompa ini masih sangatlah konvensional yaitu dengan cara menekan priming pump. Ketika Anda menekan priming pump maka outlet check valve bisa terbuka kemudian solar akan mengalir.
Setelah solar mengalir, akan disaring melalui filter solar untuk kemudian disalurkan menuju pompa injeksi. Melalui pompa injeksi inilah solar yang sudah disaring akan disalurkan menuju berbagai komponen mesin yang memerlukan tambahan bahan bakar.
Begitu Pula sebaliknya, ketika Anda melepas tekanan pada priming pump maka outlet check valve akan tertutup.
Jadi, priming pump mobil adalah komponen yang berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar ke seluruh bagian mesin mobil yang membutuhkan. Cara kerja komponen ini masih manual dan memerlukan tenaga manusia untuk menekan priming pump sehingga bisa bekerja.
Mengingat betapa pentingnya fungsi dari komponen ini, pastikan kondisi priming pump mobil Anda selalu dalam keadaan baik agar keamanan berkendara semakin terjamin. Segera buat jadwal service mobil Anda di bengkel resmi Suzuki terdekat secara cepat dan mudah melalui website https://suzukiarmada.co.id/.