Berita

    Mengenal Teknologi Nanocoating pada Cat Mobil

    Tentunya, setiap pemilik mobil pasti ingin tampilan mobilnya tampak memukau, sehingga berbagai perawatan pun dilakukan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan jika ingin membuat mobil Anda tampak mengkilap adalah dengan memanfaatkan nano coating.

    Itu merupakan jenis teknologi yang kini semakin umum digunakan pada proses pengecatan mobil. Namun, mungkin saja hal ini masih terdengar asing bagi banyak orang, sehingga artikel ini akan memberikan penjelasan tentang nano coating dan berbagai manfaatnya.

    Mengenal tentang Nano Coating

    Nano coating adalah sebuah teknologi dan teknik yang sudah umum dilakukan dalam berbagai proses pengecatan mobil secara modern. Cara melakukannya yaitu dengan memanfaatkan partikel nano dengan berbagai sifat uniknya.

    Selain itu, partikel nano yang memiliki ukuran kecil juga memberikan keuntungan bagi proses pengecatan, karena bisa lebih mudah untuk menembus berbagai bagian permukaan dan menempel di sana dengan optimal.

    Beragam Manfaat Teknologi  Nano Coating

    Teknologi nano coating menjadi populer dan sering digunakan bukan tanpa alasan, karena ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika memanfaatkan teknologi yang satu ini, antara lain sebagai berikut:

    • Dapat Memberikan Perlindungan dari Risiko Goresan

    Manfaat penting yang pertama yaitu teknologi ini dapat memberikan perlindungan ekstra untuk mobil Anda, karena bisa mengurangi atau mencegah risiko permukaan mobil terkena baret atau goresan.

    Hal ini disebabkan oleh adanya pembentukan lapisan pelindung yang kuat. Dampaknya, mobil Anda dapat terlihat tetap dalam kondisi mulus serta terbebas dari baret.

    • Mobil Anda Lebih Kinclong dan Tampak seperti Baru

    Manfaat kedua yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat membuat mobil Anda menjadi lebih kinclong, bahkan bisa tampak seperti masih baru. Terdapat efek kilau yang disajikan, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika pada mobil Anda.

    Dengan teknologi ini pula, mobil Anda menjadi semakin mudah untuk dibersihkan, sehingga risiko menempelnya berbagai debu dan noda pun dapat diminimalisir. Faktor kebersihan ini pula yang mendukung penampilan mobil menjadi lebih baik.

     

    manfaat nano coating

    Freepik.com

    • Self Cleaning Effect

    Sebelumnya, sempat disinggung tentang permukaan mobil yang menjadi semakin mudah untuk dibersihkan.

    Memang benar, hal tersebut dapat dilakukan, karena teknologi nano coating  ini memang seakan bisa membersihkan diri sendiri. Jika melihat dari istilahnya, ini disebut dengan self cleaning effect.

    Selain itu, ada berbagai keuntungan lainnya yaitu mobil menjadi semakin mudah dibersihkan, tidak meninggalkan goresan atau baret, serta saat dicuci menjadi cepat kering.

    • Memiliki Ketahanan terhadap Sinar Ultraviolet

    Manfaat berikutnya adalah membuat permukaan mobil Anda menjadi memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar ultraviolet. Hal ini selanjutnya bisa membuat kerusakan pada cat mobil dapat diminimalisir.

    Biasanya, sinar ultraviolet bisa membuat warna cat mobil menjadi cepat pudar atau menjadi kusam. Namun, risiko ini tidak perlu Anda khawatirkan jika menggunakan teknologi nano coating.

    • Memberikan Hydroponic Effect atau Efek Daun Talas

    Selanjutnya, teknologi ini juga bisa membuat permukaan mobil Anda memiliki efek daun talas.

    Bagi Anda yang belum tahu tentang istilah ini, maksud dari efek daun talas ini yaitu ketika mobil Anda terkena tetesan air, maka air tersebut tidak akan menempel pada permukaan mobil, melainkan akan langsung jatuh ke bawah.

    Dengan adanya efek ini, maka cat mobil akan lebih awet dan terhindar dari berbagai risiko seperti munculnya kerak atau pertumbuhan jamur.

    Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, tentunya kini Anda sudah lebih mengetahui tentang teknologi nano coating yang mulai banyak digunakan pada pengecatan mobil ini.

    Karena memiliki berbagai manfaat yang patut dipertimbangkan, maka tidak ada salahnya jika Anda pun ingin turut serta dalam penggunaannya.