Berita

    Ketahui Fungsi Kabel Grounding pada Mobil

    Kabel grounding mobil sengaja difungsikan agar dapat menjaga keamanan arus listrik mobil. Memang, di tengah kemajuan zaman, khususnya dalam industri otomotif, kabel grounding ini semakin lama semakin sirna. 

    Umumnya, kabel grounding lebih sering didengar di telinga pehobi modifikasi mobil serta pemilik mobil tua. Padahal, terdapat sejumlah fungsi kabel grounding yang penting. 

    Bahkan, karena tidak begitu banyak yang mengenal komponen ini, terkadang kerusakan komponen ini sering disalahartikan. 

    Fungsi Kabel Grounding Mobil

    Berikut sejumlah fungsi kabel grounding, antara lain:

            1. Menjaga Kestabilan Listrik

    Fungsi utama dari kabel grounding adalah menjaga kestabilan arus listrik. Pada dasarnya, sistem kelistrikan mobil begitu kompleks, lebih-lebih jika membicarakan mengenai mobil dengan usia belasan tahun. 

    Kondisi fisik mobil tua sudah tentu berkurang. Oleh sebab itu diperlukan sistem grounding. Dengan adanya kabel grounding, arus listrik mobil akan menjadi semakin stabil, dan permasalahan yang muncul pada mobil tua tidak akan terasa. 

    Selain itu dengan menggunakan kabel grounding, performa kelistrikan akan menjadi semakin maksimal, dan pengemudi akan semakin nyaman mengendarainya. 

            2. Proses Pengecekan Listrik akan Menjadi Semakin Mudah

    Bukan hanya untuk menjaga daya listrik stabil, kabel grounding mobil juga memiliki fungsi yang krusial. Di dalam kabel grounding, terdapat negative battery. Bahkan, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala agar dapat melihat kondisi baterai. 

    Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menggunakan alat test aki. Komponen ini berada di rumah aki, dengan posisi kepala yang lebih condong di belakang dan sudut sempit, kepala bisa mudah diperiksa dengan adanya kabel grounding. 

            3. Mengamankan Sistem Kelistrikan

    Kabel grounding yang berlokasi di sekitar aki mobil membuat grounding ini terbebas dari halangan komponen lainnya. hal ini bisa menghindari terjadinya korsleting listrik dan membuat sistem kelistrikan menjadi lebih aman. 

    Ciri Kabel Grounding Rusak

    Memiliki fungsi yang begitu vital, tentu saja kerusakan kabel grounding dapat menimbulkan masalah tersendiri. Agar kerusakan dapat segera diperbaiki, berikut berbagai ciri kerusakan pada kabel grounding, antara lain:

            1. Mesin Sulit Dinyalakan