Berita

    Lebih Dekat dengan Engine Start Stop Pada Mobil Anda

    Jika kamu memiliki mobil keluaran terbaru rasanya sudah tidak asing dengan namanya engine start stop. Ini termasuk teknologi yang membantu pengendara untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan tanpa perlu menggunakan kunci. Tentunya membuat pengendara akan jauh lebih praktis, tanpa perlu mencolokkan kuncinya untuk operasikan mobil. 

     

    Hal ini termasuk teknologi yang memberikan banyak manfaat kepada pengguna karena zaman dahulu orang-orang yang mempunyai kendaraan masih melakukannya secara manual. Namun, perkembangan zaman dan persaingan yang semakin ketat selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru, termasuk juga dalam mobil. Nah, apa sih itu fitur engine start stop tersebut? Fungsi dan keunggulannya bagaimana? Simak penjelasannya di bawah ini. 

    Apa Itu Engine Start Stop? 

    Engine Start Stop merupakan inovasi yang membantu dalam dunia otomotif untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan yang tidak perlu menggunakan kunci. Jika kendaraan kamu memiliki teknologi ini, kamu tinggal menekan tombol yang ada di dashboard mobil kamu tersebut dan mobil siap untuk diajak berjalan atau berhenti. Biasanya mobil yang memiliki teknologi ini akan dilengkapi dengan FOB (Feee on Board) yang akan mengirimkan sinyal ke komputer kendaraan dengan menyingkronkannya dengan engine start stop untuk bisa menghidupkan mobil kamu tersebut. Nah, apabila kamu ingin menghidupkannya harus ada kuncinya itu di dalam kendaraan. 

     

    Teknologi ini sebenarnya sudah sejak lama ditemukan, tepatnya pada tahun 1990-an, namun penggunaannya terbatas hanya pada kendaraan mewah saja. Sekarang ini, mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi dengan start stop engine. Fungsinya pun sebenarnya relatif simpel karena dalam pengoperasian kendaraan roda empat itu tidak perlu lagi mencolokan kunci secara manual, cukup menekan tombol yang ada di dashboard kendaraan, maka mobil bisa dihidupkan dan dimatikan dengan mudah. 

    Keuntungan Engine Start Stop 

    1. Beri Kepraktisan 

    Jika kamu memiliki mobil dengan teknologi ini, maka akan membuat kamu akan jadi lebih praktis ketika ingin mengendarai kendaraan kamu tersebut. Prosesnya sendiri sangat mudah untuk digunakan dan tidak ribet sama sekali, jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk menyalakan atau mematikan mesin mobil secara manual. 

    Bukan hanya itu saja, ternyata adanya start stop engine ini juga membantu pengendara untuk membuka kendaraan secara otomatis karena sudah dilengkapi dengan smart key. Hal ini tentunya memberikan rasa nyaman ketika ingin berkendara. 

    2. Jadi Lebih Aman 

    Adanya engine start stop ini akan membuat kendaraanmu akan jauh lebih aman dibandingkan dengan mobil-mobil yang masih menggunakan proses manual. Karena sistemnya yang terintegrasi tersebut hanya akan menerima sinyal dari kunci pintar yang kamu bawa saja dan untuk membuka nya ada kode khusus tersendiri. 

     

    tombol start stop pada mobilPexels.com

    Pada bagian ini akan membuat orang yang ingin membobol kendaraan akan sangat kesulitan. Kode tersebut juga akan sangat sulit untuk ditiru, sehingga mobil kamu akan jadi lebih aman dan tidak gampang untuk dicuri. 

    3. Memberikan Kenyamanan 

    Bukan hanya menghidupkan atau mematikan mesin dengan menekan tombolnya, namun ada beberapa fitur tambahan yang akan membuat pengendara akan menjadi tambah nyaman. Hal ini akan memberikan kenyamanan ekstra, salah satunya bisa menghidupkan AC mobil sebelum pengendara dan penumpang masuk ke dalam kabin.

    Fitur ini akan sangat membantu, terutama untuk kamu yang berkendara di wilayah tropis dengan suhu siang hari yang sangat tinggi. 

     

    Itulah teknologi engine start stop, fungsinya pun memberikan banyak kemudahan untuk pengendara dan kehadirannya juga sangat membantu. Jika Anda merasa fitur ini tidak bekerja dengan baik, langsung kunjungi saja suzukiarmada.co.id.  

     

    Sumber gambar:

    https://www.freepik.com/free-vector/start-stop-car-engine-ignition-button-illustration_3519476.htm