Berita

    Ketahui Ini perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

    Semua mobil dan motor di dunia hampir semuanya menggunakan mesin untuk menggerakkannya. Bagi kendaraan, mesin menjadi bentuk konversi energi. Energi yang dikonversikan yaitu energi kimia bahan bakar diubah menjadi energi panas. Konversi energi ini mampu menciptakan energi gerak. 

    Mesin pada kendaraan menjadi sumber utama penggeraknya. Energi gerak yang dihasilkan akan berpindah ke roda dengan mekanisme sistem pemindah tenaga. Contoh pada kendaraan mobil tipe FR. Untuk sampai ke roda, perpindahan tenaga yang berasal dari mesin membutuhkan komponen tambahan, seperti transmisi, kopling, poros axle, differential, dan propeller.

    Berdasarkan letak pembakarannya, mesin terbagi menjadi 2 tipe, yaitu sebagai berikut:

    • Mesin Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)

    Mesin yang menggunakan jenis ini adalah mesin yang proses pembakarannya dilakukan pada ruang tertutup atau biasa disebut ruang pembakar (combustion chamber). Terdapat tiga jenis mesin pembakaran dalam, yaitu mesin 2 tak, mesin 4 tak, 6 tak, mesin diesel dan mesin wankel. 

    Kelebihan dari proses pembakaran ini yang pertama dapat menghemat penggunaan bahan bakar disebabkan efisiensi panas bekerja lebih baik. Kedua, bentuk mesin dapat didesain lebih sederhana atau kecil karena tidak perlu memberikan tempat luas untuk proses pembakaran. Ketiga, kendaraan akan lebih cepat untuk dijalankan.

    Selain itu, kekurangan pada mesin pembakaran adalah mengharuskan bahan bakar berbentuk cair atau gas untuk bisa masuk ke ruangan reaksi. 

    Ruang bakar akan menghisap masuk campuran udara dan bahan bakar yang berguna untuk menciptakan ledakan. Tenaga mekanik akan menggunakan hasil ledakan pembakaran ini sebagai penggerak poros engkol dan mekanisme mesin lainnya. Kemudian tenaga mekanis melanjutkan prosesnya sampai ke roda-roda.

    Contoh kendaraan dengan mesin pembakaran dalam adalah kendaraan bermotor seperti motor dan mobil. Selain itu juga terdapat pada kendaraan besar seperti bus dan truk. Biasanya mesin pembakaran yang digunakan antara lain mesin bensin dan mesin diesel.

    • Mesin pembakaran luar

    Mesin jenis pembakaran luar adalah  mesin yang proses pembakarannya dilakukan pada ruang terbuka atau di luar mesin. Contoh mesin pembakaran luar digunakan pada kereta api uap, pesawat tenaga uap, dan kapal uap.

    Mesin yang memproses pembakaran akan menghasilkan panas. Namun panas tidak bisa diubah secara langsung menjadi tenaga mekanis. Hasil dari pembakaran ini membutuhkan media yang dapat menghantarkan panas kemudian baru bisa diubah menjadi energi mekanis.