Ketahui Front Wheel Alignment Pada Kendaraan dan Sudutnya

icon 21 March 2022
icon Admin

Kendaraaan roda empat atau mobil memiliki sebuah kaki-kaki yang memiliki peran penting. Beberapa contohnya yaitu seperti bushing, shockbreaker, hingga roda. Pada bagian roda, ada yang disebut dengan istilah wheel alignment atau yang dikenal juga dengan kelurusan roda.

Komponen kelurusan roda memiliki peranan yang sangat vital pada mobil. Fungsi utamanya yaitu untuk menjaga kestabilan kendaraan. Kerusakan atau gangguan pada komponen ini bisa berakibat sangat fatal.

Penjelasan Tentang Apa Itu Wheel Alignment

Pemilik mobil pasti sudah tidak asing dengan istilah spooring and balancing. Dua istilah tersebut merupakan perawatan untuk kelurusan roda atau wheel alignment. Pasalnya, kelurusan roda wajib dijaga kestabilannya.

Semua faktor dari sistem kemudi hingga suspensi mobil terintegrasi dengan komponen kelurusan roda. Dengan begitu, mobil menjadi lebih stabil dan kendaraan pun tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

Fungsi lain dari komponen tersebut yaitu membuat usia roda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Mengenal 5 Sudut Kelurusan Roda

Perlu Anda ketahui, ada 5 sudut yang menentukan kelurusan pada roda mobil. Jika Anda sering merawat mobil dengan proses spooring, kelima sudut inilah yang diatur pada proses tersebut.

Front wheel alignment pada kendaraan dan 5 sudutnya akan kami coba bahas di sini. Berikut kelima sudut tersebut.

1.  Sudut Camber

Fungsi dari sudut yang pertama ini yaitu untuk memberikan keseimbangan pada roda bagian depan yang memiliki kecenderungan ke bagian dalam. Sudut camber juga merupakan tingkat kemiringan roda bagian atas.

Camber memiliki dua jenis sudut yang disebut dengan positif dan negatif. Sudut positif memiliki kemiringan ke arah luar sedangkan sudut negatif cenderung ke arah dalam.

Camber positif umumnya digunakan pada mobil-mobil keluaran lama. Fungsi lain dari camber ini yaitu untuk menjaga kualitas ban agar tidak aus dan menambah daya tahan pada axle depan.

2.  Sudut Caster

Garis vertikal di bidang datar dan juga garis simetris kingpin ini merupakan bagian dari sudut caster. Fungsi sudut ini yaitu untuk merespon roda depan mobil pada sebuah tumpuan saat berbelok.

Caster merupakan sudut yang bisa Anda lihat langsung dari samping mobil. Sudut ini juga memiliki dua jenis yaitu positif dan nol.

3.  Sudut Toe

Sudut ketiga ini berbeda dengan dua sudut sebelumnya. Toe angle adalah sudut yang menggunakan sistem pengukuran derajat. Sudut ini terbagi menjadi dua jenis yaitu toe in dan toe out.

Fungsi utama dari toe yaitu untuk mengoreksi chamber saat ban mobil menggelinding ke arah luar.

4.  Sudut Kingpin Inclination

Sudut yang keempat ini merupakan bagian yang berpengaruh pada garis vertikal. Anda bisa melihatnya dengan mudah dari bagian depan kendaraan. Sudut ini juga dikenal dengan istilah Steering Axis Inclination.

Komponen ini dapat membuat kemudi menjadi jauh lebih stabil. Selain itu juga berefek pada roda bagian depan yang semakin mudah saat Anda membelokan mobil.

5.  Sudut Turning Radius

Fungsi utama sudut yang terakhir ini yaitu agar semua roda memperoleh radius putar yang sejajar saat mobil berbelok. Turning radius merupakan sudut untuk menyesuaikan sistem roda depan saat ukurannya lebih besar.

Sudut turning juga memiliki peran yang sangat penting dalam keamanan mobil. Pasalnya, turning radius dapat mencegah timbulnya masalah pada roda.

Semua sudut wheel alignment ini sangat penting disesuaikan setiap setidaknya enam bulan sekali. Anda bisa melakukannya ketika sedang servis rutin di bengkel resmi Suzuki.

Pastikan juga untuk datang memperbaiki wheel alignment ketika kemudi terasa berat, tidak stabil, roda tidak kembali dengan baik saat berbelok dan ban cepat aus. Anda bisa mengunjungi website nya di https://www.suzukiarmada.co.id/ .