Berita

    Kenali Penyebab Lampu Kabin Mobil Nyala Terus

    Meskipun terlihat sepele, tetapi lampu mobil menjadi hal yang penting. Lampu kabin berguna untuk memberi cahaya di dalam kabin ketika mobil sedang parkir atau saat pintu terbuka. Tentu saja hal ini akan bermanfaat bila Anda membutuhkan cahaya penerangan di dalam mobil, utamanya saat malam hari. 

    Sayangnya meskipun memiliki manfaat yang besar, bila lampu kabin mobil menyala terus, hal ini juga dapat menimbulkan masalah. Lampu kabin yang menyala secara terus menerus dapat menyebabkan aki menjadi lekas soak dan akhirnya aki menjadi lekas rusak. 

    Oleh sebab itu, ketika mendapati lampu kabin mengalami kerusakan, pastikan segera mengatasinya. Lantas, bagaimana cara mengatasi lampu kabin yang terus menyala? Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya? 

    Penyebab Lampu Kabin Mobil Menyala Terus

    Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab lampu kabin menyala terus, antara lain:

            1. Bagian Wiring Mengalami Kerusakan

    Salah satu penyebab lampu kabin menyala terus adalah bagian wiring mengalami kerusakan. Kabel yang rusak atau kendor dapat membuat arus listrik menjadi kurang stabil dan membuat lampu kabin terus menyala. 

            2. Rusaknya Bagian Fuse

    Selain wiring, biasanya lampu kabin mobil menyala terus juga disebabkan karena fuse yang rusak. Fuse yang rusak dapat membuat lampu kabin terus menyala karena arus listrik yang kurang stabil.

            3. Switch Lampu Interior

    Bagian switch yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan maksimal bisa menyebabkan lampu kabin terus menyala. 

            4. Sensor Cahaya

    Bagian seperti sensor cahaya yang mengalami kerusakan juga dapat membuat lampu kabin tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya di luar mobil, dan akhirnya membuat lampu terus menyala. 

            5. Kontak Semakin Lemah

    Kontak yang tidak baik juga bisa menyebabkan arus listrik menjadi kurang stabil dan akhirnya lampu kabin terus menyala. 

    Cara Mengatasi Lampu Kabin Mobil Terus Menyala 

    Sebisa mungkin, hindari membiarkan lampu kabin mobil menyala terus. Bila lampu kabin dibiarkan terus menyala selama berjam-jam, hal ini akan memicu sejumlah kerusakan seperti aki mobil yang tekor atau habis. 

    Akhirnya, mobil menjadi sulit dihidupkan atau distarter, tidak hanya itu mika di bagian lampu kabin mobil juga semakin menghitam karena terkena panas yang berlebihan. Agar dapat mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

    1. Lihat kondisi saklar dengan baik. Pastikan saklar tidak rusak atau terganggu. Kemudian cobalah untuk menonatifkan dan mengaktifkan saklar selama beberapa kali. 
    2. Lihat kondisi kabel yang menjadi penghubung saklar lampu interior dengan unit interior. Pastikan bila kabel tidak rusak atau putus. 
    3. Bila masalah tersebut disebabkan karena salah setting atau konfigurasi sistem kendaraan, Anda bisa mencoba memperbaiki dengan mengubah atau meriset di bagian sistem kendaraan. 
    4. Setelah mencoba mereset sistem kendaraan tetapi lampu kabin juga tidak mati, Anda dapat mencoba mengganti unit lampu interior. 
    5. Bawa ke bengkel resmi. Sesudah penggantian unit lampu tetapi lampu juga belum bisa dihidupkan, bawa lampu tersebut ke bengkel resmi. Bila terdapat komponen lampu yang harus diganti, Anda akan memperoleh suku cadang yang asli.