Berita

    Ketahui Cara Membuka Kap Mesin Mobil Yang Benar

    Banyak orang meremehkan cara membuka kap mesin mobil yang benar. Bahkan tak sedikit juga yang asal-asalan dalam melakukannya. Nyatanya, hal tersebut dapat membuat mobil rusak bahkan membahayakan diri sendiri.

    Berangkat dari alasan tersebut, mari pelajari cara yang benar dalam membuka kap mesin di bawah ini agar mobil tetap awet serta Anda terhindar dari bahaya

    Cara Membuka Kap Mesin Mobil dengan Benar

    Membuka kap mesin kadang dibutuhkan saat kita ingin mengecek keadaan mesin mobil. Meskipun tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja mesin, namun kita tetap harus berhati-hati dalam melakukannya.

    Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka kap mesin dengan benar:

    • Pastikan Mobil dalam Keadaan Mati

    Usahakan untuk membuka kap mesin ketika mobil benar-benar sudah mati. Hal ini untuk menjaga mobil agar tidak tiba-tiba melaju dan menabrak Anda yang sedang membuka kap mesin.

    Namun bila Anda terpaksa harus membuka kap mesin saat mobil masih menyala, Anda bisa mempertimbangkan cara selanjutnya agar bisa melakukannya dengan aman.

    • Pastikan Mobil Benar-benar Berhenti Sempurna

    Selain memastikan mobil dalam keadaan mati, Anda juga perlu memastikan bahwa mobil benar-benar berhenti sempurna. Caranya adalah dengan memastikan kopling atau persneling dalam keadaan netral serta menarik rem tangan.

    Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir mobil tiba-tiba bergerak dan menabrak Anda, terutama bila Anda terpaksa membuka kap mesin saat mobil menyala.

    • Pastikan Mesin Sudah Dingin

    Kap mobil biasanya terbuat dari bahan logam sehingga mampu menghantarkan panas dari mesin mobil. Oleh sebab itu, usahakan untuk membuka kap mesin mobil di saat mesin sudah dingin sehingga tangan Anda tidak cedera.

    • Tariklah Tuas Kap Mesin

    Jangan pernah membuka kap mesin dengan paksa. Hal ini dapat merusak kap mesin sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, tariklah tuas untuk membukanya terlebih dahulu.

    Setiap merek mobil bisa mempunyai letak tuas kap mesin yang berbeda-beda, seperti di bawah jok pengemudi atau dasbor. Ada juga yang berbentuk lingkaran atau persegi. Anda seharusnya sudah tahu di mana letak dan bentuk tuas tersebut saat pertama kali membelinya.

    Beberapa produsen juga akan menempelkan stiker untuk membantu Anda mencari tuas tersebut. Lalu bila Anda sudah menemukannya, tariklah tuas tersebut dengan kuat apalagi tuas kap mesin sering sulit untuk ditarik.

    • Bukalah Pengait Kap Mesin