Berita

    Ketahui 5 Tips Pembakaran Sempurna Pada Mesin Mobil

    Memiliki kendaraan roda empat tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang cara dan tips mengendarainya saja. Anda juga patut mengetahui informasi pembakaran sempurna mesin mobil yang Anda bawa.

    Pada kondisi mobil yang baru dibeli, pembakaran mesin akan berjalan baik dengan kualitas sempurna. Pertanyaannya, bagaimana cara agar mesin mobil tetap pada kondisi tersebut? 

    Informasi dalam artikel ini akan menjelaskan tentang tips agar mobil Anda tetap melakukan pembakaran yang sempurna. Jadi, sebaiknya jangan lewatkan pembahasannya, ya!

    5 Tips Agar Pembakaran Sempurna Mesin Mobil Berjalan Baik

    Memiliki performa mobil yang sempurna akan membuat pengalaman mengendarai Anda lebih baik dan aman. Salah satu aspek untuk mengetahui performa mobil Anda baik atau buruk adalah aspek pembakaran mesin.

    Pembakaran mesin yang baik akan membuat kendaraan Anda lebih aman dan nyaman untuk dikemudikan. Oleh karena itu, berikut inilah 5 informasi tips agar pembakaran mesin mobil Anda tetap sempurna dan baik:

    • Gunakan Bahan Bakar Terbaik

    Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pembakaran sempurna mesin mobil adalah menggunakan bahan bakar (BBM) terbaik dan sesuai. Penggunaan BBM ini harus sesuai dengan anjuran dari pabrik produksi.

    Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan kebutuhan nilai oktan mesin mobil Anda. Jika Anda menggunakan nilai oktan BBM yang tidak sesuai, mobil Anda lama-kelamaan akan menurun fungsi pembakaran mesinnya.

    • Rutin Untuk Servis Mobil

    Selanjutnya, tips paling vital dan esensial yang dapat Anda lakukan adalah rutin untuk melakukan servis mobil. 

    Hal yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, karena rutin melakukan servis dan pengecekan mesin mobil akan sangat berpengaruh besar pada kesempurnaan kondisi mobil.

    Biasanya, Anda akan dianjurkan untuk servis mobil 3 bulan sekali dan/atau ketika kilometer mobil Anda sudah menyentuh 10.000 km. 

    Anda tidak perlu menunggu mobil rusak untuk melakukan servis. Sebaiknya, mobil dirawat sebelum munculnya masalah lebih banyak.

    • Bersihkan Pipa Filter Mobil

    Pembakaran sempurna mesin mobil akan sangat dipengaruhi oleh kebersihan pipa filter mobil. Karena udara oksigen yang diserap dan masuk ke mesin mobil akan melewati pipa ini. 

    Jadi, agar masuknya oksigen dapat lebih sempurna, Anda wajib untuk sering-sering membersihkannya.