Berita

    Featured Image

    Tetap Nyaman! Sejarah Mobil Suzuki Ertiga

    Seri mobil Ertiga menjadi salah satu MPV keluaran Suzuki yang sangat populer di Indonesia. Mobil ini banyak dipilih oleh masyarakat karena cocok digunakan sebagai mobil keluarga dengan kabin yang luas dan performa yang bisa diandalkan. 

    Mobil ini mulai dirilis ke pasaran pada tahun 2012 silam. Perjalanannya sampai sekarang tentu memiliki kisah tersendiri dengan banyak perubahan desain dan fitur dari tahun ke tahun. 

    Sejarah Seri Mobil Ertiga

    Mobil Ertiga memiliki sejarah yang sangat menarik di tanah air. Mobil ini disebut sebagai satu-satunya tipe mobil yang bisa mengganggu dominasi penjualan Avanza-Xenia. Mari intip seperti apa sejarah perjalanan seri mobil ini di Indonesia. 

    • Generasi Pertama Tahun 2012

    Ertiga pertama kali hadir di tanah air pada tahun 2012 dengan membawa 3 varian. Masyarakat bisa memilih varian GA, GX, maupun GL.

    Semua model tersebut sudah memakai AC single blower dan menggunakan sistem transmisi manual. 

    Jenis mesin yang digunakan pada mobil Ertiga keluaran generasi pertama ini adalah K148 (DOHC-VVT) 1,4L. Performanya saat itu memang tidak terlalu besar, hanya bertenaga 90 hp dengan torsi 130Nm. 

    • Facelift Pertama di Tahun 2013

    Setahun setelah rilis generasi pertama, Suzuki kemudian merilis Ertiga facelift pertama. Mobil ini dibekali fitur double blower lalu hadir dalam 2 pilihan varian yaitu GL dan GX. 

    Di tahun ini, Ertiga mulai banyak digemari oleh masyarakat. Desainnya yang cukup baik membuat mobil ini dikenal sebagai MPV yang nyaman apalagi jika digunakan sebagai mobil keluarga. 

    • Suzuki Ertiga Facelift Tahun 2015

    Pada tahun 2015, seri mobil Ertiga facelift resmi dirilis di pasaran. Di tahun ini, Ertiga sudah mendapatkan banyak sekali perubahan baik di bagian eksterior maupun interior. 

    Khusus pada varian GX, mobil Ertiga ini sudah memiliki New Electric Foldable Electric Mirror. Fitur ini berfungsi untuk melipat spion secara otomatis menggunakan tombol.

    • Ertiga Dreza di Tahun 2016

    Awal tahun 2016, Ertiga kembali muncul dengan tipe terbarunya bernama Dreza. Ada 2 tipe mobil yang dirilis pada saat itu yakni New Suzuki Ertiga Dreza dan New Suzuki Dreza GS. 

    Banyak hal yang membuat kedua varian tadi berbeda, khususnya dari segi desain interior dan fitur.

    Selain itu, New Suzuki Ertiga Dreza juga sudah dibekali head unit dengan layar sebesar 9 inci dan terintegrasi dengan ponsel lewat bluetooth

    • Suzuki Ertiga Diesel Tahun 2017

    Pada tahun 2017, Suzuki Ertiga hadir dengan tipe baru yaitu Ertiga diesel dengan teknologi mild-hybrid. Teknologi ini mengaplikasi mesin diesel D13A Dualjet yang kapasitasnya kurang lebih 1300cc DOHC.            

    Mobil ini disebut mild-hybrid karena masih memakai jenis aki konvensional yang kapasitasnya besar. Sedangkan mobil full hybrid biasanya akan menggunakan jenis baterai lithium.     

    • Generasi Kedua Ertiga Tahun 2018

    Selanjutnya di tahun 2018 Suzuki merilis generasi kedua dari seri mobil Ertiga. Di generasi kedua ini, banyak perubahan yang dilakukan mulai dari mesin, desain interior eksterior, dan fitur-fitur. 

    New Ertiga menggunakan mesin K15B berteknologi DOHC WT. Mesin ini hadir dengan kapasitas 1462cc dan ada pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.        

    • Seri Ertiga Sport Tahun 2019

    Di awal tahun 2019, Suzuki kembali merilis Ertiga Sport tipe GX. Mobil ini sudah dibekali body kit sporty dan lampu DRL dengan desain grill sarang tawon.

    Fitur-fiturnya juga menarik seperti Hill Hold Control dan Electronic Stability Programme. 

    • Seri All New Ertiga Hybrid

    Pada tahun 2024 ini, All New Ertiga Hybrid Cruise hadir dan menawarkan keunggulan teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik, menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi lebih rendah.

    All New Ertiga Hybrid Cruise

    Desainnya yang lebih modern dan aerodinamis, sementara interiornya dilengkapi dengan fitur kenyamanan dan keselamatan terkini seperti layar sentuh infotainment dan sistem navigasi. Ini adalah pilihan ideal untuk keluarga yang mencari kendaraan hemat energi dan stylish.

     

    Seri mobil Ertiga telah melewati banyak sekali perubahan sejak dirilis pertama kali pada 2012 silam. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak mengenai seri mobil tersebut, silakan langsung kunjungi suzukiarmada.co.id/berita!