Berita

    Featured Image

    Tanda-Tanda Minyak Rem Mobil Anda Bocor

    Waspadai minyak rem bocor! Masalah minyak rem yang bocor dapat mengganggu kenyamanan Anda berkendara. Bahkan pada kasus yang parah, kebocoran minyak rem bisa menyebabkan kecelakaan mobil.

    Maka dari itu, selain rutin melakukan pengecekan kondisi rem mobil. Anda juga wajib memahami tanda-tanda ketika minyak rem mobil Anda bocor. Simak ulasannya secara lengkap pada artikel ini!

    Waspada! Ini 5 Tanda Minyak Rem Bocor

    Kemunculan suara angin palsu yang ada pada sistem pengereman hidrolik menjadi tanda awal adanya kebocoran minyak rem atau minyak rem mobil Anda habis. Jika hal ini dibiarkan, tentu akan membuat rem mobil Anda blong dan berbahaya.

    Minyak rem yang menjadi bagian penting pada sistem pengereman cakram mobil, akan memunculkan berbagai tanda-tanda tertentu apabila terjadi kebocoran dan habis. Berikut ini tanda-tanda yang bisa Anda ketahui.

    • Rem Mobil Tidak Pakem

    Tanda pertama yang harus Anda perhatikan adalah rem mobil yang tidak pakem lagi. Sebagai pengemudi mobil, tentu Anda bisa merasakan saat bagian rem berfungsi optimal dan saat rem tidak pakem lagi.

    Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa langsung memeriksa kondisi minyak rem. Apakah terjadi kebocoran atau hanya kekurangan minyak rem.

    Disarankan untuk tidak mengabaikan tanda pertama ini. Karena jika Anda abai, maka kemungkinan terjadinya rem blong dan kecelakaan mobil akan semakin besar.

    • Muncul Bunyi Berdecit

    Apabila Anda mendengar bunyi berdecit ketika pedal gas diinjak, bisa jadi ini tanda minyak rem bocor. Bunyi berdecit muncul karena kampas rem sudah tipis dan wajib diganti.

    Minyak rem mobil yang bocor berarti berkurangnya pelumas yang bertugas untuk melumasi komponen rem yang saling bergesekan. Mengakibatkan adanya pergesekan yang abnormal dan menghasilkan suara berdecit.

    Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat. Tujuannya agar masalah minyak rem ini segera diatasi tanpa harus menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

    • Pedal Rem jadi Ringan

    Tanda ketiga yang wajib Anda perhatikan adalah pedal rem yang menjadi ringan ketika diinjak. Biasanya minyak rem membuat pedal rem menjadi agak berat ketika diinjak, namun hal tersebut justru artinya sistem pengereman berfungsi baik.

    Nah, yang perlu diperhatikan adalah ketika pedal rem menjadi ringan. Artinya, ada masalah tertentu pada bagian sistem pengereman mobil Anda.

    • Lampu Indikator Rem Aktif

    Tanda minyak rem bocor dapat Anda ketahui dari lampu indikator rem. Pada beberapa tipe mobil, terdapat lampu indikator rem atau brake light warning yang mana apabila ada masalah akan menyala.

    Jadi, apabila lampu indikator rem aktif, artinya Anda bisa bergegas mengecek tangki minyak rem. Anda dapat mengecek apakah ada kebocoran atau minyak rem hanya berkurang.

    • Rem Blong

    Kebocoran minyak rem yang tidak diketahui atau diabaikan akan menyebabkan rem blong. Hal ini menjadi tanda yang paling umum diketahui oleh pemilik mobil. Kondisi rem blong merupakan masalah rem yang paling parah.

    Jika terjadi rem blong, tentu akan banyak masalah lain yang akan muncul. Mulai dari kemungkinan terjadi kecelakaan hingga membahayakan pengemudi lain. Maka dari itu, memeriksakan rem secara rutin wajib dilakukan agar tidak terjadi hal tersebut.

    Anda dapat membawa mobil ke bengkel dan minta montir untuk memperbaiki kondisi rem mobil Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengemudi dengan aman dan nyaman kembali.

    Itulah tanda-tanda minyak rem bocor yang wajib menjadi perhatian Anda. Jika diabaikan, maka dampak jangka panjangnya adalah kerusakan mobil hingga kecelakaan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?