Berita

    Simak Penyebab Persneling Mobil Tidak Jalan

    Persneling mobil tidak jalan merupakan suatu kendala yang cukup merepotkan. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian khususnya bagi Anda pengemudi mobil transmisi manual. Karena, dengan adanya kendala tersebut, sudah pasti komponen mobil tengah bermasalah.

    Tentu, jika menemukan masalah pada mobil, hal yang wajib Anda lakukan adalah dengan memperbaikinya entah itu secara mandiri atau dengan bantuan profesional di bengkel resmi. Namun sebelum itu kenali fungsi persneling dan penyebabnya tidak dapat berjalan.

    Apa Fungsi Persneling Mobil?

    Mayoritas mobil manual memiliki 5 tahapan gigi yang berguna untuk mengemudikan kendaraan tersebut. Secara umum, persneling gigi mobil manual memiliki fungsi sebagai pengubah kecepatan mobil.

    Masing-masing persneling mempunyai fungsinya sendiri. Nah, di bawah ini adalah sejumlah fungsi tersebut:

    • Gigi 1

    Bagian ini memiliki peran untuk menjalankan mobil di awal kendaraan tersebut hendak dikemudikan. Lewat gigi pertama, mobil bisa berjalan dengan kelajuan maksimal 20 km/jam.

    • Gigi 2

    Komponen persneling kedua ini berguna untuk meningkatkan kecepatan mobil supaya ia berjalan lancar tanpa sendataan. Anda dapat menggunakan gigi saat mengemudikan mobil dalam kecepatan 15 km/jam hingga 35 km/jam.

    • Gigi 3

    Sedikit lebih cepat, bagian ini berfungsi jika pengendara mengemudikan mobil dengan kelajuan 50 km/jam. 

    • Gigi 4

    Memiliki kesamaan dengan gigi sebelumnya, bagian keempat ini ditujukan untuk pengendara mobil berkecepatan 50 km/jam. Apabila tengah mengemudi di jalan bebas hambatan, gigi ini bisa Anda gunakan hingga kecepatan 80 km/jam maksimal.

    • Gigi 5

    Bagian kelima ini dapat berguna jika Anda berkendara dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam. Khususnya jika berada di jalan bebas hambatan. Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap mematuhi batas kecepatan yang telah diatur pemerintah.

    Nah, jadi itulah fungsi dari bagian-bagian persneling mobil yang wajib Anda ketahui. Sekarang, Anda pastinya memahami fungsi tersebut. Oleh karena itu, langsung saja pada pembahasan inti berikut!

    Mengapa Persneling Mobil Tidak Jalan?

    Persneling masuk tapi tidak mampu dijalankan bisa dipicu oleh kemunculan masalah di komponen transmisi. Jika hal itu terjadi, bis membahayakan pengendara serta mengganggu aktivitas saat berkendara.