Berita

    Featured Image

    Risiko Mengangkut Barang di Atap Mobil dan Tips Amannya

    Salah satu cara yang sering kali dilakukan oleh banyak orang ketika hendak membawa barang selain meletakkannya di bagasi ialah dengan menyusun. barang di atap mobil

    Meskipun bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan, namun penting untuk diketahui bahwa mengangkut barang yang terlalu banyak di ruang atap bisa memicu risiko yang merugikan diri sendiri hingga orang lain. Untuk itu, Anda perlu melakukannya dengan tepat dan hati-hati.

    Artikel ini akan mencoba mengulas tentang macam-macam risiko yang muncul akibat pengangkutan barang berlebih yang memanfaatkan ruang atap mobil. Simak hingga akhir untuk mengetahui juga tips aman melakukannya.

    Risiko yang Muncul Akibat Berlebihan Mengangkut Barang di Atap Mobil

    Bagian atap mobil memang bisa digunakan sebagai tempat untuk membawa barang. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa semena-mena membawa banyak barang karena adanya ruang tambahan selain bagasi.

    Pasalnya apabila Anda membawa barang yang terlalu berat di ruang atap, hal ini bisa menimbulkan bahaya. Risiko-risiko membahayakan yang dimaksud antara lain ialah sebagai berikut.

    • Barang Terlempar

    Risiko pertama yang bisa saja Anda alami ketika membawa barang di bagian atap mobil ialah terlemparnya barang tersebut ke jalan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda tidak mengikat barang-barang dengan kencang.

    Barang yang terlempar tentunya bisa mengganggu lalu lintas hingga membahayakan keselamatan dari pengguna jalan yang lain. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan ulang sebelum memulai perjalanan.

    • Kestabilan Mobil Terganggu

    Selain bisa terlempar, membawa banyak barang juga bisa menyebabkan kestabilan mobil menjadi terganggu hingga menyebabkan tergelincir.

    Risiko satu ini bisa terjadi ketika Anda melakukan manuver tajam maupun pengereman dan barang yang diletakkan di atas mobil bobotnya tidak merata.

    • Mengganggu Aerodinamika

    Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan kondisinya Anda membawa banyak barang di atas mobil, hal ini bisa membuat aerodinamika kendaraan menjadi terganggu. 

    Tanda yang bisa Anda rasakan yaitu, tarikan mobil menjadi lebih berat karena hambatan anginnya juga besar.

    • Bahan Bakar Lebih Boros

    Satu lagi risiko yang bisa saja dipicu ketika membawa barang berlebih di atap mobil yaitu bahan bakar yang menjadi lebih boros. Dengan aerodinamis yang terganggu, hal ini bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi lebih meningkat.

    Tips Aman Mengangkut Barang di Atap Mobil

    Setelah mengetahui beberapa risiko dari pengangkutan barang berlebih di atap mobil, pastinya Anda ingin berusaha memperbaiki kesalahan tersebut.

    Untuk menjaga keselamatan Anda dan keluarga, beberapa tips yang bisa dilakukan agar pengangkutan barang di bagian atap mobil terbilang aman antara lain sebagai berikut.

    • Menggunakan Roof Rack yang Tepat

    Agar risiko-risiko yang dibahas pada poin sebelumnya bisa dihindari, salah satu tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak membawa barang di atas mobil ialah dengan menggunakan roof rack yang tepat. 

    Pastikan Anda memilih roof rack yang sesuai dengan mobil Anda supaya bisa mengangkut barang dengan lebih aman.

    • Tidak Melebihi Kapasitas

    Membawa barang di bagian atap mobil terbilang aman selama Anda tidak melebihi kapasitas dari bobot maksimal yang bisa diangkut oleh kendaraan. Demi keselamatan, maka ada baiknya Anda membawa barang seperlunya saja.

    • Menyusun Barang dengan Seimbang

    Ketika hendak memanfaatkan ruang atap mobil untuk membawa barang, Anda perlu menyusun barang-barang tersebut dengan rapi. Jangan terlalu menumpuk barang di satu sisi karena bisa membuat mobil menjadi tidak seimbang.

    • Mengikatnya dengan Kencang

    Dengan mengangkut barang di atas mobil, maka Anda perlu mengikat dengan kencang. Tips ini penting dilakukan untuk mencegah barang bergerak hingga kemungkinan barang terlempar.

    • Melakukan Pengecekan Ulang

    Agar lebih yakin, maka dari itu sebelum memulai maupun melanjutkan perjalanan, Anda perlu melakukan pengecekan ulang.

    Demikian pembahasan terkait kemungkinan risiko yang bisa muncul serta cara aman yang bisa Anda lakukan saat hendak mengangkut barang di atap mobil.