Berita

    Penyebab Klakson Mobil Suka Mati dan Cara Mengatasinya

    Klakson mobil menjadi salah satu fitur yang sangat diperlukan dalam berkendara. Maka dari itu, apabila klakson tiba-tiba saja mati dan tidak bisa berjalan dengan baik, maka patut was-was. Apalagi jika lalu lintas sedang padat.

    Klakson merupakan salah satu komponen penting dalam keamanan kendaraan, untuk memberikan peringatan kepada pengemudi lain di jalan. Jika Anda mengalami masalah klakson mati, ada beberapa penyebab umum yang perlu diidentifikasi dan solusinya.

    5 Penyebab Klakson Mobil Mati dan Solusinya

    Ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan klakson pada mobil Anda kerap kali tak berfungsi. Bisa karena faktor internal atau pada klakson itu sendiri, tapi bisa juga pengaruh dari komponen lain. Berikut ini penyebab dan cara memperbaikinya:

    1. Kabel yang Putus atau Korslet

    Pertama, kabel yang menghubungkan klakson ke sumber daya atau ke tombol klakson dapat mengalami kerusakan, putus, atau korsleting. 

    Pemeriksaan visual pada kabel-kabel tersebut dapat memberikan petunjuk awal terkait masalah ini. Pastikan tidak ada kabel yang terlihat rusak atau terputus!

    kabel putus

    Freepik.com

    Apabila visual terlihat tidak ada masalah, Anda bisa menggunakan test lamp. Hubungkan alat tersebut dengan kabel pada klakson, lalu tekan saklarnya. Apabila lampu mati, maka bisa dipastikan jika kabel tersebut mengalami kerusakan.

    Tidak semua orang memiliki alat tes ini. Maka dari itu, apabila Anda tidak memilikinya, langsung saja bawa ke bengkel supaya bisa diperiksa oleh teknisi secara langsung!