Berita

    Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Mobil yang Berdecit

    Pintu mobil berdecit jadi masalah yang bisa terjadi setelah mobil digunakan dalam waktu yang cukup lama. Ketika pintu mobil dibuka atau ditutup, akan muncul bunyi berdecit yang tentunya membuat Anda kurang nyaman.

    Maka dari itu, Anda perlu tahu apa saja faktor yang bisa menyebabkan pintu mobil menjadi berdecit serta cara untuk mengatasinya sehingga Anda bisa buka-tutup mobil lebih nyaman. Temukan informasi lebih lengkap melalui pembahasan di bawah ini!

    Penyebab Pintu Mobil Berdecit

    Masalah pintu mobil yang berdecit tidak boleh Anda sepelekan, sebab bisa jadi itu tanda mobil Anda memiliki masalah yang lebih serius. 

     

    pintu mobilFreepik.com

    Untuk memahami mengapa pintu mobil Anda bisa berdecit, berikut faktor penyebabnya:

    • Engsel Pintu Mobil Kekurangan Pelumas

    Pintu mobil yang jarang dibersihkan dan dirawat akan membuat engsel kering serta jadi tempat kotoran menumpuk, sehingga bunyi decitan pun muncul.

    • Karet Pintu Mobil Getas

    Karet yang bertugas jadi penahan antara pintu dan bodi mobil sudah tidak lentur dan mengeras, sehingga suara getaran akan terdengar saat pintu ditutup.

    • Struktur Pintu Mobil Regang

    Bisa karena perubahan suhu hingga penggunaan berulang, struktur pada pintu mobil akan regang dan jadi tidak sejajar sehingga bisa timbul suara berdecit.

    • Mur dan Baut Pintu Mobil Longgar

    Ketika mobil bergerak, terjadi getaran yang bisa melonggarkan baut dan mur pintu mobil. Itulah yang menghasilkan pintu mobil berdecit karena komponen pada pintu sudah tidak stabil lagi.

    • Sistem Kunci Pintu Mobil Bermasalah

    Bila sistem kunci pintu tidak lancar, Anda pun akan menarik atau mendorong pintu lebih keras, yang jadi penyebab gesekan berlebih dan muncul suara decit.

    Cara Mengatasi Pintu Mobil yang Berdecit

    Setelah mengetahui faktor yang memicu pintu mobil berdecit, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

    • Melumasi dan Membersihkan Engsel Pintu Mobil

    Anda harus rutin membersihkan serta melumasi engsel pada pintu mobil, sebab material engsel yang berasal dari besi berisiko berkarat dan macet. Itulah yang membuat suara berdecit timbul.

    Maka dari itu, gunakan cairan khusus untuk membersihkan engsel dengan merata hingga kotoran rontok. Lalu, lap engsel hingga bebas dari kotoran, kemudian berikan pelumas sehingga engsel berfungsi normal dan decitan pun hilang.

    • Mengganti Karet Pintu Mobil

    Karet pada pintu mobil yang sudah getas, keras, dan tidak lentur lagi, perlu Anda ganti dengan yang baru. Jadi, bunyi berdecit pun hilang sebab fungsi karet sebagai peredam getaran antara pintu dan bodi mobil jadi optimal lagi.

    • Mengencangkan Mur dan Baut

    Anda bisa mengecek kondisi baut serta mur pada pintu mobil yang rentan kendur seiring pemakaian mobil. 

    Kemudian, gunakan kunci pas agar mur dan baut bisa dikencangkan kembali dengan kekencangan yang sesuai. Jadi, suara berdecit akibat mur dan baut kendur pun tidak akan muncul lagi.

    • Servis Kaca dan Talang Air Pintu Mobil

    Kaca serta talang air menjadi bagian dari struktur pintu mobil yang bisa kendur karena faktor seperti baut yang tidak kencang. Oleh sebab itu, Anda bisa memperbaiki komponen tersebut dengan membawanya ke bengkel untuk ditangani oleh teknisi ahli.

    Demikian penyebab serta cara mengatasi pintu mobil berdecit yang bisa Anda jadikan referensi saat Anda mengalami masalah serupa. Jangan sepelekan masalah pintu mobil dengan suara berdecit tersebut, agar kenyamanan Anda selama berkendara tetap terjaga.