Berita

    Mengenal Body Repair Mobil dan Fungsinya

    Risiko kerusakan pada mobil bisa saja terjadi karena berbagai faktor, misalnya karena terjadi kecelakaan atau faktor dari usia pakai mobil tersebut. Maka dari itu, untuk membuat kendaraan kembali mulus, Anda dapat melakukan body repair mobil.

    Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan body repair? Lalu, apa saja fungsi dan teknik yang umum digunakan? Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan pastikan Anda lebih memahami tentang teknik perbaikan ini!

    Apa Itu Body Repair Mobil?

    Body repair merupakan proses perbaikan mobil yang dapat membuat tampilannya kembali mulus. Perbaikan ini dilakukan karena berbagai hal, misalnya setelah mobil mengalami benturan, tabrakan, atau karena pemakaian sehari-hari yang kurang baik.

    Dalam proses perbaikan ini, ada tiga tahap utama yang biasanya dijalankan, yaitu sebagai berikut:

    Tahap identifikasi, untuk mengetahui kerusakan apa saja yang terjadi pada mobil tersebut.

    Tahap perbaikan atau pendempulan, yang berfungsi untuk memperbaiki berbagai kerusakan. Tahap ini terdiri dari memperbaiki bagian yang penyok, pengamplasan, pendempulan, hingga pengecatan ulang.

    Tahap finishing, yang dilakukan dengan pemolesan bodi mobil secara keseluruhan supaya tampak mengkilap seperti baru.

    Fungsi Melakukan Body Repair Mobil

    Tentu saja, body repair memiliki fungsi penting untuk mobil Anda, berikut adalah penjelasan dari dua fungsi utamanya.

    • Memperbaiki Mobil yang Mengalami Kerusakan

    Sesuai dengan namanya, fungsi pertama yaitu untuk memperbaiki bagian bodi mobil yang mengalami kerusakan. Perbaikannya akan disesuaikan dengan jenis kerusakan pada mobil Anda.

    • Mengembalikan Warna Mobil

    Fungsi berikutnya yaitu untuk membuat mobil Anda kembali memiliki warna yang bagus seperti baru, atau bisa dikatakan mengembalikan warna mobil.

    Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, warna cat mobil bisa saja memudar. Maka dari itu, body repair bisa menjadi solusi tepat untuk mengembalikan warna tersebut.

    Istockphoto.com
    • Memberikan Perlindungan Ekstra

    Untuk berbagai jenis body repair, seringkali ada tahapan untuk memberikan perlindungan ekstra bagi mobil Anda. Sebagai contoh, dengan memberikan anti jamur dan anti karat.

    Teknik-teknik yang Umum Digunakan