Berita

    Memahami Fitur-fitur pada Jok Mobil dan Fungsinya

    Selain mempertimbangkan desain atau bahan pelapis, ada pula berbagai fitur jok mobil yang tidak bisa Anda lewatkan. 

    Dari sistem keamanan canggih hingga opsi kenyamanan yang bisa disesuaikan, fitur-fitur modern ini adalah kombinasi dari inovasi teknologi dan desain ergonomis. 

    Setiap fitur juga memiliki fungsi untuk melindungi Anda dari risiko cedera, sehingga menjaga kenyamanan maksimal. Untuk menambah pemahaman Anda tentang fungsi masing-masing fitur pada jok mobil, simak penjelasannya berikut ini.

    5 Fungsi Fitur pada Jok Mobil

    Terdapat lima fitur yang dirancang untuk membuat pengalaman berkendara Anda menjadi lebih menyenangkan. Ini penjelasannya.

    • Sistem ISOFIX (International Standard Organizations FIX)

    Memahami Sistem ISOFIX merupakan hal yang sangat penting, terutama jika Anda sering berkendara dengan anak-anak. 

    ISOFIX adalah sebuah sistem pemasangan kursi anak yang menggunakan dua titik koneksi baja di antara bingkai kursi mobil dan kursi anak. 

    Keunggulan utama dari sistem ini adalah keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan sabuk pengaman biasa. 

    Pasalnya, ISOFIX memastikan bahwa kursi anak terpasang dengan sangat kuat, sehingga mengurangi risiko cedera serius atau fatal saat terjadi kecelakaan. 

    Selain itu, sistem ini juga membuat pemasangan dan pelepasan kursi menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Hal ini menghilangkan potensi kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan sabuk pengaman. 

    • Sistem Sandaran Kepala Aktif (Active Head Rest System)

    Fitur active head rest system seringkali diabaikan namun memiliki dampak besar. Soalnya, fitur ini dirancang untuk mengurangi risiko cedera leher dan tulang belakang saat terjadi tabrakan dari belakang. 

    Bagaimana cara kerja fitur jok mobil ini? Saat sensor mendeteksi benturan, mekanisme dalam sistem akan aktif (otomatis), lalu memindahkan sandaran kepala ke depan dan ke atas dalam hitungan milidetik. 

    Ini membantu menahan gerakan kepala dan leher Anda, sehingga mengurangi risiko cedera whiplash atau cedera akibat gerakan mendadak.

    Freepik.com
    • Sandaran Kaki Ottoman (Ottoman Function)