Ketahui Jenis Kompresor AC Mobil, Fungsi, Tipe dan Cara Kerja

icon 19 December 2022
icon Admin

Kompresor AC mobil merupakan pusat kendali sistem AC dalam mobil. Tugasnya adalah menghisap dan juga menekan freon masuk ke sistem AC Mobil. Freon berupa gas  akan diubah tekanan dan suhunya. 

Setiap kompresor AC mempunyai cara berbeda ketika menekan freon untuk naik ke dalam sistem AC. Terdapat beberapa jenis dan tipe kompresor AC. Masing-masing memiliki sistem kerja yang berbeda. 

Dengan mengetahui apa jenis dan tipe kompresor AC pada mobil, cara merawat sistem AC jadi lebih tepat. 

Jenis Kompresor AC Mobil 

Ukuran mobil mempengaruhi ukuran dan jenis kompresor AC yang dipakai. Pada mobil yang berukuran besar, kompresor AC yang dipasang juga memiliki ukuran yang besar. Supaya dapat menghasilkan udara sejuk yang menyebar secara merata ke seluruh bagian kabin mobil. 

Sebaliknya, untuk mobil kecil kompresor AC yang dipasang juga lebih kecil, menyesuaikan dengan ukuran mobil. Dengan begitu penggunaan kompresor jadi lebih efisien.

Di samping perbedaan ukuran, secara garis besar kompresor AC pada mobil terbagi menjadi dua jenis. Yaitu ada jenis reciprocating dan rotary. Kedua jenis kompresor ini terbagi lagi ke dalam beberapa tipe. Berikut ini penjelasannya: 

  • Kompresor AC Reciprocating 

Cara kerja kompresor jenis reciprocating yaitu dengan memanfaatkan volume tekanan. Kompresor akan menghisap freon ketika ada ruang terbuka. Yaitu saat piston turun ke bawah. Lalu saat piston kembali naik, freon akan didorong menuju kondensor.

Kompresor AC jenis reciprocating terdiri dari tiga tipe kompresor, di antaranya yaitu:

  • Kompresor AC Crank

Kompresor AC tipe Crank bekerja dengan cara maju mundur. Bergerak menggunakan pulley yang tersambung ke poros v-belt. Dengan satu piston sebagai penggerak. 

Jadi saat kompresor crank berputar, piston akan bergerak naik turun. Membuka katup yang membuat freon terdorong untuk masuk. Kemudian selanjutnya silinder menekan dan mendorong freon menuju kondensor AC. 

  • Kompresor AC Swash Plate

Cara kerja kompresor AC tipe swash plate kurang lebih sama. Namun perbedaannya ada pada jumlah silinder yang digunakan. Kompresor AC swash plate mempunyai 6 hingga 10 silinder.

Kompresor swash plate mengatur tekan piston yang kemudian mempengaruhi gerak piston yang lain. Selain itu terdapat dua katup dalam kompresor tipe swash plate, ada di sebelah kiri dan kanan kompresor. 

  • Kompresor AC Wobble Plate

Ciri dari kompresor AC tipe Wobble Plate adalah jumlah piston yang terdiri dari 5 buah. Kemudian terdapat katup suction dan discharge. Cara kerjanya yaitu memanfaatkan putaran dari drive plate yang tersambung ke poros kompresor.

Wobble plate bergerak saat putaran drive plate membuat kopling magnet menghubungkan putaran pulley dengan poros kompresor. Pergerakan inilah yang membuat freon terdorong keluar melalui katup discharge

  • Kompresor AC Rotary

Kemudian jenis kompresor AC mobil yang kedua ada kompresor AC rotary. Cara kompresor menghisap freon yaitu dengan memanfaatkan putaran rotor. Rotor yang berputar menekan gas dari ruang hamber. Kemudian gas dibawa menuju saluran tekan yang berdiameter kecil, untuk membuat volume gas menurun. 

Kompresor AC jenis Rotary juga terdiri dari  tiga tipe, yaitu:

  • Kompresor AC Through Vane

Kompresor tipe ini menggunakan putaran pada vane rotor . Terdapat dua vane yang terpasang dalam posisi tegak lurus di dalam silinder. Ketika vane menyentuh bagi dalam dari silinder, saluran suction akan terbuka lalu freon terihsap masuk. 

Selanjutnya freon akan dikompresi oleh vane hingga tekanannya menjadi tinggi. Kemudian freon yang sudah bertekanan tinggi akan terdorong keluar melalui saluran discharge. 

  • Kompresor AC Scroll

Cara kerja kompresor AC tipe scroll yaitu menggunak susunan scroll yang akan membuat sebuah ruang. Saat ruang tersebut terbuka, freon akan terisap dan kemudian dikompresi.

Freon yang sudah bertekanan tinggi dikeluarkan melalui saluran buang kondensor AC dan juga sistem pendingin AC. 

  • Kompresor AC Wankel

Tipe terakhir dari kompresor AC jenis rotary berfungsi dengan cara memanfaatkan kerja wankel untuk menghisap dan menekan freon. 

Kompresor AC tipe wankel baru akan bekerja saat pengguna menghidupkan mesin mobil dan kopling magnet dalam posisi aktif. Pressure plate akan tertarik keluar lalu putaran mesin yang tersambung ke rotor akan menekan freon. 

Itu dia jenis dan tipe dari kompresor AC yang ada pada mobil. Setiap mobil menggunakan jenis dan tipe yang berbeda. Sekarang Anda bisa mulai mencari tahu kompresor AC tipe apa yang terpasang di mobil Anda.

Cara Kerja Kompresor AC pada Mobil

Selain mengetahui jenis dan tipe kompresor AC, Anda juga perlu memahami bagaimana sebenarnya cara kerja kompresor AC pada mobil secara umum. Berikut ini tahapan-tahapannya:

  • Kompresor AC akan menghisap gas yang bertekanan rendah lalu mengubahnya menjadi gas dengan tekanan tinggi
  • Gas tersebut selanjutnya dipompa masuk ke dalam kondensor lalu diubah menjadi cairan. 
  • Cairan freon ini dialirkan ke receiver dryer untuk selanjutnya disaring dan diteruskan ke expansion valve
  • Cairan freon yang tersaring akan diubah bentuk dan suhunya di expansion valve menjadi gas bersuhu dingin.
  • Gas dengan suhu dingin tersebut kemudian dihembuskan ke dalam kabin menggunakan bantuan blower.

Demikian penjelasan jenis dan cara kerja kompresor AC mobil. Pastikan Anda selalu mengecek kondisi kompresor dan sistem pendinginan mobil secara keseluruhan. Agar Anda tetap bisa berkendara dengan nyaman. 

Jika Anda mengalami kerusakan pada komponen ini, pastikan agar Anda selalu memeriksakan kendaraan Anda di dealer resmi Suzuki terdekat atau kunjungi https://suzukiarmada.co.id/ untuk informasi selengkapnya.