Berita

    Ketahui Fungsi Subwoofer Pada Mobil untuk Hiburan di Perjalanan

    Memiliki audio mobil yang optimal tentunya keinginan semua pemilik kendaraan. Pasalnya, audio mobil yang apik bisa membuat perjalanan tidak lagi membosankan, terutama bila berkendara di kondisi jalan yang padat. Salah satu komponen mobil yang membuat audio menjadi jauh lebih baik adalah subwoofer.

    Dengan adanya komponen tersebut, music akan terdengar lebih jelas dan detail bila dibandingkan sebelumnya. Lantas apa sebenarnya subwoofer?  Subwoofer adalah speaker yang digunakan untuk menghasilkan suara bass yang kuat dalam sistem audio mobil. Subwoofer ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas suara bass dalam musik yang diputar dalam mobil, sehingga memberikan pengalaman mendengar musik yang lebih baik dan menyenangkan bagi pengguna. Fungsi subwoofer mampu menghasilkan bunyi dengan frekuensi yang lebih rendah dari speaker biasa, yaitu nada-nada di bawah bass. Frekuensi yang dimiliki oleh subwoofer berkisar antara 10-200 Hertz. Umumnya, subwoofer dilengkapi dengan sebuah kotak pelindung khusus di bagian luar untuk meningkatkan kinerjanya. Pelindung tersebut membuat suara bass yang dihasilkan bisa terdengar lebih halus dan jelas. Ukuran dari komponen ini biasanya lebih kecil bila dibandingkan dengan speaker utama. Pada instalasi audio mobil, jenis subwoofer yang umum dipakai adalah driver woofer berukuran 12 inci. Namun, banyak juga pabrikan mobil yang menggunakan driver woofer berukuran 10 atau bahkan 8 inci. Instalasi woofer berukuran kecil tersebut biasanya dibuat berpasangan dan diletakkan di bagian buritan mobil.

    Fungsi subwoofer pada instalasi audio mobil 

    Fungsi utama dari subwoofer pada instalasi audio mobil adalah untuk menghasilkan bunyi dengan frekuensi nada yang lebih rendah, yaitu bunyi-bunyian yang ada pada kisaran 10-200 Hertz (bass solid). Dengan adanya subwoofer maka  suara yang dihasilkan pun akan jauh lebih jelas dan detail. Subwoofer akan menghasilkan beberapa irama yang dihasilkan oleh komponen audio lain seperti woofer, mid-range (frekuensi nada menengah), dan juga tweeter (frekuensi nada tinggi). Sehingga suara yang dihasilkan lebih lengkap. 

    Keuntungan menggunakan subwoofer 

    Dengan menambahkan subwoofer pada instalasi audio mobil, pemilik kendaraan akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti: 

    • Memperluas respon bass 

    Menambahkan fungsi subwoofer pada audio mobil Anda akan menghasilkan respon bass yang lebih baik. Pada instalasi audio tanpa subwoofer, frekuensi nada yang bisa direspon terhenti pada angka 50 Hertz. Sementara itu, subwoofer mampu menangkap nada-nada yang lebih rendah, bahkan mencapai frekuensi 10 Hertz. Hasilnya, suara yang dihasilkan oleh instalasi audio Anda pun dilengkapi dengan bass yang lebih dalam dan jernih. 

    • Distorsi audio berkurang