Berita

    Cara Tepat Parkir Mobil Matic di Tanjakan agar Aman

    Bila mobil harus terparkir di jalan yang datar, mungkin Anda tidak akan masalah. Bahkan, tidak perlu terlalu cemas atau khawatir. 

    Namun, berbeda ketika Anda harus parkir mobil matic di daerah tanjakan atau menurun. Takut dan cemas jika ternyata mobil bergerak sendiri dan turun ke bawah. Bukan hanya mobil bisa rusak, tetapi juga bisa membahayakan nyawa orang lain. 

    Nah, agar Anda tidak salah dalam memposisikan mobil matic ketika parkir di area tanjakan atau turunan, ikuti tips ini ya. 

    1. Aktifkan dalam Mode Parkir

    Pada mobil matic, Anda dapat memposisikan tuas transmisi sesuai kondisi jalan yang akan dijadikan sebagai tempat parkir. Tujuannya, agar roda yang berfungsi untuk penggerak kendaraan tidak lagi bergerak ketika ditinggal. 

            2. Pastikan Rem Tangan Parkir Sudah Aktif

    Di mobil matic, rem tangan merupakan komponen utama yang difungsikan untuk keselamatan mobil. Ini bisa digunakan untuk mengunci roda bagian belakang agar tidak lagi bergerak baik maju atau mundur sewaktu diparkirkan. Dengan adanya rem tangan, Anda tidak perlu khawatir atau cemas ketika harus memarkir mobil di daerah tanjakan atau turunan. Namun, Anda pun perlu menggunakannya dengan benar dan memastikan jika rem tangan sudah aktif sebelum ditinggalkan pergi. Tandanya, dapat di cek dari pergerakan mobil. Ketika rem tangan sudah diaktifkan tetapi mobil masih bisa bergerak, itu artinya ada yang salah dalam penggunaannya. Tetapi, bila mobil sudah tidak bergerak setelah rem aktif, Anda bisa meninggalkannya dengan tenang.  Selain itu, salah penggunaan rem juga bisa menyebabkan kabelnya putus. Jika sudah seperti itu, penggantian kabel tidak lagi bisa dihindari. Untuk itu, Anda harus memastikan sebelum meninggalkan mobil, keadaan rem dalam posisi lock. Pun sebaliknya, jika ingin menjalankannya, cek rem sudah dalam posisi unlock. 

    Selain itu, ketika melepaskan rem dan hendak menambahkan gas untuk menjalankan mobil, harus dalam keadaan yang stabil untuk menghindari kabel rem yang putus. 

            3. Arahkan Roda Bagian Depan ke Bahu Jalan atau Trotoar

    Sewaktu mobil terparkir di daerah turunan, membelokkan roda bagian depan ke arah trotoar bisa menjadi salah satu pengunci sehingga roda tidak bergerak ke arah badan mobil. Caranya, usai mengunci mobil, sebaiknya Anda memutar setir antara 60 - 70 derajat hingga tidak lagi bisa digerakkan. Kemudian, arahkan roda bagian depan ke bahu jalan. Tujuannya, untuk menghindari adanya pergeseran pada mobil yang turun tanpa sengaja. 

    Meskipun terlihat aman cara tersebut, akan tetapi ada yang berpendapat jika hal tersebut dapat mempengaruhi power steering. Posisi ban yang tidak sejajar atau lurus sewaktu setir terkunci, dapat merusak bagian setir mobil jika dilakukan secara terus menerus. 

    Apa pun pro dan kontra dari tips nomor tiga, Anda tetap dapat menggunakan ketiganya untuk membantu parkir mobil matic di daerah yang menanjak atau menurun. Apabila ada komponen yang rusak setelah parkir di area tanjakan secara terus menerus, segera bawa mobil ke bengkel resmi Suzuki agar dilakukan pengecekan dan perbaikan. Kini di bengkel resmi Suzuki, anda bisa melakukan booking service sangat mudah, cukup melalui smartphone anda dan kunjungi situs website nya di https://www.suzukiarmada.co.id/ lalu pilih halaman service untuk menjadwalkan booking service yang sesuai dengan keinginan anda.