Website Resmi Armada Perkasa Mobilindo

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Penyebab dan Cara Mengatasi Kerak Oli

    Kerak oli, juga dikenal sebagai lumpur oli atau lumpur mesin, adalah zat kental berwarna gelap yang terbentuk di dalam sistem pelumasan mesin. Terdiri dari campuran oli, kontaminan, dan partikel kotoran yang membeku dan menempel pada komponen mesin. Jika tidak diatasi tentunya masalah ini bisa membuat performa mesin Anda semakin memburuk. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah ini, berikut penjelasan penyebab dan cara mengatasinya. 

    Penyebab Terbentuknya Kerak Oli

    1. Jarang Ganti Oli

    Salah satu penyebab utama kerak oli adalah penggantian oli yang jarang atau tidak tepat. Seiring waktu, oli mesin lama terurai dan menumpuk kontaminan, yang menyebabkan terbentuknya lumpur. Penggantian oli secara teratur sangat penting untuk mencegah penumpukan lumpur dan menjaga kebersihan mesin.

    1. Ruang Mesin yang Lembab

    Kelembapan, baik dari kondensasi atau infiltrasi air, dapat bercampur dengan oli dan mendorong pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam mesin. Aktivitas mikroba ini, dikombinasikan dengan kotoran dan kontaminan lainnya, mempercepat pembentukan lumpur minyak. Menjaga mesin tetap tertutup rapat dan menghindari kontak yang terlalu lama dengan kondisi lembab, seperti kemasukan air dan lain-lain dapat meminimalkan dampak dari kerusakan ini. 

    1. Kebiasaan Berkendara dengan Waktu Singkat

    Mesin yang biasanya melakukan perjalanan pendek, berhenti dan berjalan tanpa mencapai suhu pengoperasian optimal lebih rentan terhadap pembentukan kerak oli. Dalam skenario seperti ini, mesin mungkin tidak dapat membakar kontaminan sepenuhnya sehingga menyebabkan akumulasi kontaminan di dalam oli. Mengendarai kendaraan secara teratur untuk jangka waktu yang lebih lama atau berinvestasi pada pemanas blok mesin untuk start dingin dapat membantu mengurangi masalah ini.

    1. Sering Terjebak Macet