Berita

    Priming Pump Mobil : Fungsi Komponen dan Cara Kerja

    Salah satu keunggulan mobil berbahan bakar diesel dibandingkan dengan mobil berbahan bakar lain yaitu jauh lebih hemat bahan bakar. Hal tersebut dikarenakan mobil yang memakai bahan bakar diesel memiliki komponen penting bernama priming pump mobil. 

    Lalu, apa itu pompa priming? Berikut ulasannya.

    Mengenal Pompa Priming

    Priming pump atau pompa priming merupakan komponen penyedia atau penyuplai bahan bakar dalam mesin. Komponen ini akan memompa bahan bakar menuju bagian mesin mobil yang membutuhkan. 

    Ada dua jenis pompa yang kerap digunakan pada mobil diantaranya yaitu pompa tipe in line dan pompa tipe distributor. Pompa ini juga memiliki nama lain yaitu fuel supply, feed pump dan priming pump. 

    Fungsi Priming Pump Mobil

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi utama dari pompa priming ini adalah untuk mengambil bahan bakar untuk kemudian disalurkan pada semua komponen mobil yang membutuhkan solar. 

    Namun tak hanya itu, pompa ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti membuang udara yang tidak diperlukan dalam ruang bahan bakar mesin sehingga kegiatan penyaluran bahan bakar tidak terganggu.

    Selain itu, pompa ini juga memiliki fungsi lain seperti mengambil solar dari tangki, mengalirkan solar pada pompa injeksi dan menyaring solar sebelum disalurkan ke bagian mesin lain. 

    Fuel pump ini memiliki fungsi yang sangat penting, jika komponen ini sampai rusak atau terganggu bisa menyebabkan mobil menjadi macet atau mati. 

    Komponen Priming Pump 

    Berikut komponen priming pump yang perlu Anda ketahui:

            1. Piston

    Piston pompa priming adalah komponen utama yang berfungsi untuk memompa bahan bakar. Jenis piston ini bahkan bisa memompa material yang susah untuk dipompa sehingga bahan bakar bisa tersalurkan dengan efisien.

    Ketika piston ini ditekan maka udara akan masuk dan membuka tangki penyimpanan solar. Berikutnya piston akan menyedot solar untuk dilanjutkan ke filter solar.

            2. Filter

    Pada fuel pump terdapat filter solar yang memiliki fungsi untuk menyaring bahan bakar sehingga bahan bakar yang akan disalurkan dalam keadaan bersih. Kotoran pada bahan bakar jika sampai menumpuk bisa menyebabkan mesin berkarat. 

    Komponen mesin yang berkarat bisa berakibat fatal bagi mesin. 

            3. Check dan Inlet Valve

    Berikutnya ada check valve yang menjadi tempat masuknya dan keluarnya cairan bahan bakar. Check valve ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau bahan metal dan memiliki harga yang relatif terjangkau.