Berita

    Mengenal Lebih Jauh Apa itu Cruise Control!

    Cruise control merupakan piranti elektronik yang ada pada kendaraan. Awalnya, hanya ada pada mobil keluaran terbaru dan jenis premium. Namun, saat ini sudah semakin banyak ditemui di hampir banyak jenis mobil. 

    Apakah Anda sudah familiar dengan fitur ini? Atau masih belum pernah mencobanya karena belum mengetahui cara pakainya? Maka sebaiknya Anda menyimak sajian artikel berikut ini hingga akhir!

    Apa itu Cruise Control

    Cruise control adalah salah satu piranti pada mobil yang dapat membantu Anda dalam mengendalikan kecepatan mobil di jalanan. Anda tidak perlu menginjak gas terus-terusan. Fitur ini bisa digunakan ketika Anda mengemudi di jalan tol, sehingga kecepatan laju kendaraan jadi stabil.

    Anda bisa melakukan setting kecepatan sesuai selera Anda, sehingga mobil pun dapat melaju dengan konstan. Tak hanya dapat membantu Anda mengelola laju mobil secara otomatis, tapi piranti ini juga membuat mesin lebih hemat bahan bakar.

    Tombol untuk fitur ini terletak pada roda kemudi mobil Anda. Biasanya ditengarai dengan tanda – (minus) untuk mengurangi kecepatan dan tanda + (plus) untuk menambahkan kecepatan. Pengendara mobil bisa mengaktifkannya dengan memencet tombol. 

    Sementara itu, jika ingin menghentikan kontrol pada piranti tersebut, dapat dilakukan dengan menginjak pedal rem atau tekan tombol cancel. Maka, fitur akan berhenti secara otomatis.

    Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengaktifkan Fitur

    Jika Anda hendak memanfaatkan teknologi ini, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab Anda tidak bisa secara sembarangan melakukannya. Anda harus mengetahui apa itu cruise control dan kapan waktu yang tepat untuk memakai fitur satu ini.

    • Perhatikan Kondisi Jalan

    Perlu diketahui, kecepatan minimum yang bisa dipertahankan oleh fitur ini ada di angka 40 km per jam. Maka, sebelum mengaktifkan fitur ini sebaiknya Anda melakukan evaluasi kondisi jalanan. Jika kondisinya terlalu ramai dan dipenuhi kendaraan lain, maka sebaiknya Anda tidak mengaktifkan fitur ini. 

    Cuaca juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengevaluasi kondisi jalanan. Jika cuaca sedang buruk seperti hujan lebat dan jalanan licin, sangat tidak disarankan untuk mengaktifkan teknologi ini. 

    • Aktifkan di Jalan dengan Batas Kecepatan

    Apabila Anda melintas di jalanan yang memiliki batas kecepatan baik minimal atau maksimal, maka Anda bisa menyalakan fitur cruise control ini. Misalnya pada jalan tol, kecepatan kendaraan tidak boleh lebih dari 100 km per jam.