Berita

    Ketahui Cara Memperbaiki Mobil Penyok & Estimasi Biayanya

    Satu hal yang dapat merusak keindahan mobil adalah penyoknya beberapa bagian seperti bodi, bemper, atau pintu. Jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi, tentu saja benturan atau insiden kecil seperti mobil penyok tidak dapat dihindari.

    Tergantung dari tingkat keparahannya, ada beberapa cara memperbaiki bagian mobil yang terbentur. Berikut ini adalah rangkuman dari tips memperbaiki bagian mobil yang penyok yang dapat Anda jadikan acuan.

    Bagaimana Memperbaiki Mobil Penyok

    Beberapa bagian mobil seperti pintu, bodi, dan bemper sangat rawan terkena benturan. Berikut adalah alternatif memperbaiki mobil yang penyok.

    • Gunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

    Opsi ini dapat dilakukan dengan mengarahkan udara panas dari pengering rambut (hair dryer) ke bagian mobil yang penyok. Sesuaikan lama pengeringan dan tingkat kepanasan alat pengering berdasarkan tingkat keparahan penyok.

    Setelah itu, Anda dapat menyemprotkan cairan karbondioksida pada bagian mobil yang telah dipanaskan. Lalu, tekan bagian tersebut hingga kembali ke kondisi semula.

    • Menyiramkan Air Panas

    Anda juga dapat memperbaiki mobil yang penyok dengan menyiramkan air panas sedikit demi sedikit ke bagian mobil yang cekung. Dengan menggunakan kain, tekan bagian yang penyok hingga kembali ke bentuk awal. 

    Setelah kembali mulus, Anda dapat menyiramkan air dingin untuk membuat permukaan mobil keras kembali.

    • Menggabungkan Penggunaan Air Panas dan Penyedot Wastafel

    Anda dapat menggunakan opsi mengombinasikan air panas dan penyedot wastafel untuk memperbaiki penyok pada mobil.

    Caranya adalah dengan menyiramkan air panas pada permukaan bagian mobil yang penyok lalu menyedot bagian tersebut dengan penyedot wastafel. Dijamin permukaan mobil akan mulus kembali.

    • Menggunakan Es Batu

    Untuk menggunakan es batu sebagai cara memperbaiki mobil yang penyok, Anda dapat menempelkannya pada bagian yang penyok selama 2 menit dan tunggu hingga terbentuk butiran-butiran salju.

    Setelah es batu dilepaskan, keringkan dengan hair dryer hingga bentuk bodi mobil kembali seperti semula.

    • Memakai Produk Pops a Dent

    Ada produk yang dirancang khusus untuk mengatasi penyok pada mobil bernama Pop a Dent. Fungsi utama dari produk ini adalah memberikan tekanan secara merata.