Berita

    Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bocor

    Kabel busi merupakan komponen penting yang mengalirkan arus listrik dengan tegangan tinggi yang datang dari koil dan menuju ke busi. Komponen ini sangat penting karena memberikan asupan arus pada busi untuk menghasilkan percikan api yang akan digunakan dalam ruang bakar mesin. Percikan tersebut dihasilkan oleh busi dengan memanfaatkan lompatan elektron. Lompatan elektron pada busi mobil ini dapat terjadi karena adanya aliran listrik tegangan tinggi hingga 20 Kv. Dalam proses ini, kabel busi bertugas mengalirkan arus listrik tegangan tinggi, yang menghantarkan listrik dan tanpa merusak komponen lain yang dilewatinya.

    Fungsi Kabel Busi

    - Penghantar Arus Listrik

    Seperti diuraikan diatas, tugas utama dari kabel busi adalah mengalirkan tegangan arus listrik. Arus yang listrik yang dilahirkan dari busi akan diteruskan ke distributor, untuk kemudian disalurkan ke berbagai komponen listrik lainnya.

    - Bantu Kinerja Busi

    Kinerja busi mempengaruhi optimalisasi arus listrik untuk komponen mobil. Kabel busi yang langsung berkaitan dengan busi mengambil peran penting untuk memastikan arus listrik yang dihasilkan dapat tersalurkan dengan baik

    - Penunjang Kinerja Steker 

    Kabel busi sebagai penunjang kinerja perangkat listrik lainnya, bertugas mengalirkan arus listrik tegangan tinggi yang tak bisa dibebankan pada  steker. Karena itu, ia bertugas meredam arus tinggi untuk diatur sehingga tidak menimbulkan masalah pada steker.

    Steker sendiri berfungsi mengalirkan arus listrik dari sumber listrik ke tempat yang diinginkan, dengan tegangan yang telah diatur sehingga lebih aman untuk komponen listrik mobil.

    Cara Identifikasi Kabel Busi Bocor

    1. Periksa Komponen dalam Kabin

    Piranti mobil yang terhubung dengan arus listrik akan terganggu, ketika ada kebocoran kabel busi. Untuk mengetahui, apakah ada kebocoran kabel busi, Anda bisa melakukannya dengan mengecek perangkat seperti speaker. Bila suaranya terganggu, maka ada indikasi kabel busi mengalami bocor atau masalah

    2. Cek Kabel dengan Multitester

    Cara lain untuk mengecek kondisi kabel busi adalah mengecek kabel busi dengan Multitester. Tes kabel-kabel yang berhubungan dengan piranti listrik. Jika tegangan arusnya sama maka tidak ada kebocoran. Sebaliknya jika ada yang angkanya rendah atau tidak normal, maka ada yang mengalami kerusakan.

    3. Membuka Kap Mesin

    Periksa kondisi busi dan kabel busi dengan membuka kap mesin. Cara ini dianggap paling mudah dan efektif karena secara fisik Anda dapat mengetahui kondisi kabel busi. Cek kabel busi saat mesin menyala. Perhatikan loncatan api pada busi tersebut. 

     4. Lihat Hasil Emisi

    Untuk memastikan kabel busi bocor atau tidaknya, bisa dilakukan dengan cara melihat hasil emisi mesin. Hasil pembakaran mesin akan memberikan tanda tertentu sebagai indikasi kerusakan kabel. Biasanya perbedaan hasil emisi akan terlihat pada perbandingan jumlah kadar gas pada mesin.

    Cara Atasi Kabel Busi yang Bocor

    -      Pilih kabel busi yang orisinil dari pabrikan. Masing-masing mobi memiliki spesifikasi berbeda dan tentunya material kabel busi juga berbeda. Hal paling aman adalah menggunakan kabel busi sesuai standar pabrikan.

    -      Dalam kondisi darurat misal dalam perjalanan jauh dan kabel busi mengalami masalah atau kerusakan, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kabel mesin. Karena jenis kabelnya yang sama.

    Kabel mesin yang hanya dicopot satu, dapat memungkinkan mesin tetap menyala. Namun hal ini kurang disarankan dan hanya untuk kondisi darurat.

    Untuk itu, pengecekan kabel busi perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Apabila terjadi kerusakan sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel Suzuki. Anda bisa mengunjungi website nya di  

    https://www.suzukiarmada.co.id/

     lalu pilih halaman service untuk melakukan perawatan berkala dengan hasil yang maksimal.