Berita

    Catat, ini Penyebab Blower AC Mobil Mati Pada Umumnya

    Blower AC mobil merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai sistem pendingin. Bentuknya adalah motor dinamo yang memiliki daun kipas seperti kipas angin pada umumnya. Udara dingin yang Anda rasakan di dalam mobil sumbernya berasal dari blower AC ini.

    Jika blower tiba-tiba mati rasanya memang menjengkelkan. Mobil akan terasa panas karena tidak mendapatkan udara tambahan dari AC. Secara umum, penyebab blower AC mobil mati adalah terdapat kerusakan pada komponen di dalamnya.

    Untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut ini.

    Penyebab Blower AC Mobil Mati

    Berikut beberapa hal yang menyebabkan blower AC pada mobil Anda mati mendadak.

            1. Sekring Blower Mengalami Kerusakan

    Sekring blower yang rusak biasanya disebabkan kabel yang terputus sehingga aliran listrik terhambat. Sekring AC berfungsi untuk mengamankan arus listrik. Terputusnya sekring blower mengakibatkan terjadinya korsleting saat AC dinyalakan.

            2. Relay Blower Mengalami Kerusakan

    Relay mobil berfungsi sebagai pemisah daya besar dan daya kecil arus listrik. Arus listrik berasal dari mesin blower mengalir ke saklar AC.

    Maka dari itu relay dipasang agar blower AC mobil tidak overworked akibat aliran listrik besar. Jika kerusakan tersebut terjadi, maka listrik akan terhambat dan tidak dapat mengalir. Bahkan dapat menyebabkan blower AC mati.

            3. Resistor Blower Mengalami Kerusakan

    Resistor yang rusak mengakibatkan terputusnya aliran listrik menuju blower. Jika hal ini terjadi maka AC mobil tidak dapat dinyalakan.

    Listrik yang mengalir melalui resistor dalam ukuran besar menghambat berputarnya mesin blower. Begitu pun sebaliknya.

            4. Motor Blower Mengalami Kerusakan

    Komponen ini merupakan dinamo yang dapat berputar ketika mendapatkan arus listrik. Untuk mendukung pergerakan, komponen ini memiliki komponen pendukung diantaranya magnet, kumparan, dan carbon brush

    Kumparan dan carbon brush seringkali rusak yang membuat blower AC mobil mati. Kerusakan pada komponen ini, harus diperbaiki dengan cara mengganti keseluruhannya.

            5. Saklar Blower Mengalami Kerusakan

    Saklar blower termasuk salah satu komponen yang sangat jarang mengalami kerusakan. Biasa juga dikenal dengan istilah switch terletak di console AC membentuk ikon kipas.