Berita

    Bawa Barang Banyak Saat Mudik, Ini Caranya

    Membawa muatan barang berlebih atau juga penumpang yang berlebih akan mengurangi keamanan dalam berkendara apalagi saat melakukan perjalanan mudik.

    Hal ini disebabkan muatan berlebih pada mobil tentu akan mempengaruhi stabilitas kendaraan, kemampuan manuver mobil serta tentu saja akan membuat efisiensi BBM berkurang.

    Akan tetapi saat melakukan perjalanan panjang, para pemakai mobil pribadi sering harus membawa banyak barang untuk keluarga kesayangannya. Mereka merasa bingung tidak tahu gimana cara memuat barang bawaan yang cukup banyak ini.

    Berikut ini beberapa tips berkendara dengan membawa banyak barang:

            1. Perhatikan jenis mobil

    Langkah pertama sebelum berkendara, tentu harus memperhatikan jenis mobil yang akan kita gunakan. Setiap jenis dan tipe kendaraan mempunyai spesifikasi dan daya angkut yang berbeda.

    Informasi daya angkut kendaraan dapat dilihat di buku manual kendaraan tersebut. Disarankan jangan pernah memaksa untuk membawa barang terlalu banyak. Tentu hal ini untuk menjamin keselamatan saat berkendara.

            2. Penempatan barang secara teratur

    Penempatan barang bisa diatur sedemikian agar dapat terbagi merata di dalam ruang kargo atau bagasi dan terikat sempurna. Barang yang berat diletakkan paling bawah dan terbagi rata di setiap sisi ruang bagasi (serendah mungkin dengan pusat gravitasi kendaraan).

    Jangan lupa untuk memastikan posisi barang kokoh dan tidak mudah ‘berguling’ saat mobil melakukan manuver. Jika perlu, tidak ada salahnya untuk menggunakan aksesoris seperti jaring pengaman.

            3. Gunakan Roof Rack / Roof Box

    Penempatan barang di atap (dengan menggunakan roof rack/box) tidak boleh melebihi kemampuan angkut atap. Kisarannya antara 25-40 kg untuk kendaraan ringan.

            4. Susun barang dari yang paling ringan

    Pilihlah barang dengan bobot ringan dan atur penempatan roof rack/ box sedekat mungkin dengan pusat gravitasi kendaraan. Pastikan pula agar barang bawaan di roof box tidak mudah terguling atau terikat dengan baik.

            5. Perhatikan kecepatan mobil

    Pastikan selama berkendara dengan beban berlebihan kamu tidak melaju kencang. Upayakan menjaga kecepatan di 50 km/jam dan maksimal 70 km/jam.

    Jika mobil kamu berbentuk MPV, pastikan jangan pernah menaruh barang bawaan yang menutupi kaca belakang ya. Sudah pasti hal ini akan mengganggu pandangan dalam melihat ke belakang melalui kaca spion dalam.